Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
Faktor Penting Dalam Merawat Kolam
Beranda Blog Faktor Penting Dalam Merawat Kolam
16 May 2023  /  by Basuki   /   0 Comments

Untuk menjaga kebersihan kolam, berikut adalah beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam melakukan perawatannya :

1. Sirkulasi Air: Pastikan ada sistem filtrasi yang memadai untuk menjaga sirkulasi air kolam. Filter kolam yang baik akan membantu menghilangkan partikel-partikel kecil, kotoran, dan kontaminan lainnya.

2. Pengaturan pH Air: Monitor dan sesuaikan tingkat pH air kolam secara teratur. Rentang pH yang ideal untuk kolam renang adalah antara 7,2 hingga 7,6. Jaga agar pH tetap seimbang untuk menjaga kenyamanan pengguna dan mencegah pertumbuhan bakteri dan alga yang tidak diinginkan.

3. Penjagaan Kebersihan: Bersihkan kolam secara rutin dengan menghilangkan daun, serangga, dan kotoran lainnya yang mengapung di permukaan air. Gunakan alat pembersih seperti keset khusus kolam atau penyaring kolam untuk membersihkan bagian dasar kolam dari kotoran yang jatuh ke dalamnya.

4. Kontrol Pertumbuhan Alga: Alga dapat tumbuh di kolam jika tidak dijaga dengan baik. Gunakan algaecide (pemusnah alga) secara teratur untuk mencegah pertumbuhan alga yang berlebihan. Pastikan juga pencahayaan kolam tidak berlebihan, karena sinar matahari yang berlebihan dapat memicu pertumbuhan alga.

5. Perawatan Filter: Bersihkan atau ganti media filter secara teratur sesuai dengan instruksi produsen. Filter yang kotor atau tersumbat akan mengurangi efektivitasnya dalam menyaring air kolam.

5. Penggunaan Bahan Kimia yang Tepat: Gunakan bahan kimia kolam, seperti klorin, secara benar dan dalam jumlah yang dianjurkan. Ikuti petunjuk penggunaan bahan kimia tersebut dengan cermat dan pastikan untuk menyimpannya dengan aman di tempat yang tidak dapat diakses oleh anak-anak.

6. Perawatan Rutin: Lakukan perawatan rutin secara mingguan dan bulanan, termasuk pengujian air, pembersihan filter, dan penambahan bahan kimia yang diperlukan.

7.Perhatikan Sistem Saluran: Pastikan sistem saluran kolam berfungsi dengan baik dan bebas dari penyumbatan. Bersihkan saluran pembuangan dan saluran sirkulasi secara teratur untuk mencegah masalah yang lebih serius.

8. Jaga Kebersihan Area Sekitar: Pastikan area sekitar kolam tetap bersih dan bebas dari kotoran atau sumber kontaminasi lainnya. Hindari membiarkan rumput atau tanaman lain tumbuh terlalu dekat dengan kolam, karena dapat meningkatkan risiko kotoran masuk ke dalam kolam.

9. Perawatan Profesional: Terkadang, disarankan untuk memanggil profesional kolam untuk melakukan perawatan dan pemeriksaan menyeluruh. Mereka memiliki pengetahuan dan peralatan yang tepat untuk menjaga kebersihan kolam dengan baik.

Anda tidak perlu bersusah payah untuk menjaga kebersihan kolam renang Anda, serahkan sepenuhnya kepada Bintoro Pool untuk pemeliharaan kebersihan kolam renang Anda.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *