Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
Berbagai Faktor yang Berpengaruh pada Biaya Bikin Kolam Renang
Beranda Blog Berbagai Faktor yang Berpengaruh pada Biaya Bikin Kolam Renang
Project Bintoro Pool 6
03 Oct 2024  /  by Web Admin   /   0 Comments

Berbagai Faktor yang Berpengaruh pada Biaya Bikin Kolam Renang

Biaya bikin kolam renang pribadi di rumah tidak sedikit meski totalnya beragam. Terdapat bermacam-macam faktor yang dapat memengaruhi seberapa besar biaya untuk membuat kolam renang. Maka dari itu, simak apa saja faktor tersebut serta deretan kesalahan dalam membuat kolam renang yang sebaiknya dihindari. 

Berbagai Faktor yang Berpengaruh pada Biaya Bikin Kolam Renang

Biaya Bikin Kolam Renang

1. Jenis Kolam

Seperti halnya saat membangun sebuah hunian, tentu tipe hunian sangat berpengaruh terhadap biaya keseluruhan pembuatannya. Hal ini juga berlaku pada pembuatan kolam renang yang biayanya dipengaruhi oleh jenis kolam renang. Jenis kolam renang sendiri terbagi menjadi tiga menurut sistem sirkulasinya, yaitu antara lain sebagai berikut :

Semi Overflow

Kolam Renang Semi Overflow

Jenis kolam renang semi overflow cenderung memiliki sistem sirkulasi yang mengalirkan air ke salah satu tepi kolam. Sebagian dari jenis kolam renang ini juga menggunakan skimmer sebagai sistem sirkulasinya dan sebagian lagi memiliki sistem overflow. Pada jenis ini, sistem filtrasinya diketahui lebih bagus dan pembuatannya pun tidak memerlukan area yang terlalu luas.

Semi overflow juga memiliki balancing tank yang guna utamanya adalah menjadi wadah penampung air yang melimpah dari kolam. Dengan adanya balancing tank, volume air pada kolam tidak akan sampai meluber dan tetap pada kadar normalnya. Karena air mengalir ke salah satu sisi kolam, permukaan air jadi selalu terlihat bersih karena bagian kotor telah menuju gutter.

Full Overflow

Sistem Overflow

Pada kolam full overflow, sistem sirkulasi dibuat agar air mengalir ke tepi kolam yang sudah ada gutter. Meski begitu, biasanya seluruh tepi kolam sudah dipasang saluran pelimpah air, maka dari itu dibutuhkan area cukup luas dalam pembuatannya. Area luas ini tidak sekadar untuk pemasangan gutter tapi juga balancing tank yang berguna menjaga volume air kolam renang.

Skimmer

Kolam Renang Pipeless

Biaya bikin kolam renang per meter juga tergantung dari jenis kolam renang yang dibuat, dan tipe yang terakhir adalah skimmer. Skimmer merupakan sistem sirkulasi kolam yang tidak seribet semi overflow maupun full overflow dan pembuatannya lebih murah. Ini karena sistem sirkulasinya mengalirkan air ke Skimmer Box saja yang juga berfungsi sebagai filter air.

Jadi ketika air kembali ke kolam, kondisinya tidak lagi keruh atau kotor tapi sudah bersih dan bening. Biasanya, Skimmer Box ini dipasang di dinding kolam renang untuk menarik air permukaan yang kemungkinan terdapat kotoran untuk disaring. Tidak ada gutter maupun balancing tank pada skimmer sehingga biaya perawatan juga tidak terlalu mahal seperti lainnya.

2. Ukuran Kolam

Seperti halnya pembangunan rumah, semakin besar ukurannya maka semakin tinggi biaya pembuatannya, begitu pula dengan kolam renang. Kolam renang sendiri memang ada yang berukuran kecil, namun hal ini kembali lagi pada luas area yang dimiliki pemilik bangunan.

3. Bentuk dan Lokasi

Faktor lain yang juga memengaruhi besar kecilnya biaya membuat kolam renang adalah bentuk kolam sekaligus lokasi pembuatannya. Salah satu contoh kolam renang yang merogoh kocek sangat dalam adalah kolam renang infinity atau kolam tanpa batas. Desainnya berfokus pada aliran air seolah ke tepi sehingga banyak orang memanfaatkan sebagai tempat relaksasi.

Biaya bikin kolam renang infinity tergolong sangat tinggi karena pembuatannya berlokasi di atas lantai bangunan. Terlebih desainnya berbeda dari kolam renang pada umumnya karena tidak berbingkai dan menawarkan ilusi tepi yang hilang. Selain sering dibangun di atas lantai bangunan, tidak sedikit pula kolam renang infinity yang ada di pegunungan.

4. Bahan Baku Pembuatan Kolam

Tinggi rendahnya biaya pembuatan kolam renang juga tergantung dari jenis bahan baku atau material yang digunakan secara menyeluruh. Kualitas bahan baku juga turut menjadi faktor yang berpengaruh pada mahal tidaknya biaya; semakin tinggi kualitasnya maka semakin mahal biayanya. Belum lagi biaya yang mencakup finishing serta aksesoris pada kolam renang.

5. Jumlah Tenaga Kerja

Pembuatan kolam renang memiliki proses yang bisa saja sebentar atau justru sangat lama, tergantung dari ketersediaan jumlah tenaga kerja. Total biaya dapat ditentukan oleh jumlah tenaga kerja, keterampilan mereka, dan lama pengerjaan keseluruhan kolam renang. Maka sebelum membuat, hal ini sudah harus didiskusikan dengan pihak jasa pembuatannya.

6. Perawatan Kolam

Biaya bikin kolam renang rumahan tergantung juga dari seberapa rumit perawatan dan pemeliharaannya. Setelah kolam renang jadi, Anda harus mempertimbangkan untuk menjaga kebersihan air dan pemeriksaan berkala secara teliti terhadap seluruh komponennya. Pengecekan yang dimaksud dapat meliputi kadar klorin, kadar keasaman, balancing tank, dan filternya.

Pemeriksaan berkala perlu dilakukan agar dapat mengetahui adanya masalah sedini mungkin sehingga cepat teratasi. Selain ini, merawat artinya juga rajin membersihkan bagian dinding sekalian lantai kolam. Biaya perawatan menentukan biaya pembuatan kolam renang karena hal ini ditentukan pula oleh luas kolam serta jenis sistem sirkulasinya.

Kesalahan Umum dalam Membuat Kolam Renang Rumahan

1. Tidak Memikirkan Spesifikasi

Pembuatan kolam renang tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa perencanaan sama sekali dan hanya berdasarkan keinginan semata. Tidak memikirkan spesifikasi kolam dan perencanaan sungguh-sungguh adalah suatu kesalahan umum yang membuat hasil pembuatan tidak sesuai ekspektasi. Tidak hanya gambaran desain, ada banyak hal detail yang harus dipertimbangkan.

Gambaran desain dan lokasi saja tidak cukup ketika ingin merealisasikan pembuatan kolam renang di rumah. Anda harus sudah siap dengan perencanaan spesifikasinya, seperti penempatan, luas, kedalaman, bentuk, jenis sistem sirkulasi, dan dekorasi atau aksesoris. Bila Anda bingung, minta bantuan dan konsultasi dengan jasa pembuatan kolam renang terpercaya.

2. Tidak Memprioritaskan Keamanan

Biaya bikin kolam renang di rumah tidak sedikit karena ada banyak detail yang memang harus dipikirkan dan disiapkan secara matang. Salah satu kesalahan dalam pembuatan kolam renang adalah tidak memikirkan keamanan, baik segi kualitas air, kedalaman kolam, dan lainnya. Jangan sampai pembangunannya justru malah berisiko mengancam nyawa pengguna kolam tersebut.

3. Tidak Tahu-menahu Tentang Cara Pemeliharaan

Hal lain yang juga menjadi satu kesalahan untuk dihindari adalah ketidaktahuan mengenai cara merawat kolam renang sama sekali. Mungkin Anda ingin rumah jadi lebih indah dengan kolam renang, tapi agar kolam tetap cantik, tentu dibutuhkan perawatan yang tepat. Dengan pemeliharaan yang benar, kolam akan selalu bersih sehingga nyaman digunakan kapan saja.

4. Tidak Memikirkan Anggaran

Dalam membuat kolam renang, Anda perlu datang ke jasa yang tepat dan profesional untuk mendiskusikan hal-hal detail, termasuk rincian biaya. Hindari memesan jasa pembuat kolam renang tanpa menghitung berapa budget yang Anda miliki. Sesuaikan anggaran pembuatan kolam dengan kemampuan keuangan masing-masing agar tidak terkejut saat harus membayar.

Biaya bikin kolam renang dengan mengandalkan jasa Bintoro Pool dijamin sesuai dengan kualitas yang Anda harapkan. Bintoro Pool siap membuatkan desain kolam renang paling estetik sesuai dengan kebutuhan dan keinginan Anda melalui layanan terbaik. Hubungi segera di 150130 / 0822-1000-6070 atau email di marketing@bintoropool.co.id untuk info lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archive
October 2024
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031