Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
Biaya Pembuatan Kolam Renang, Ini yang Wajib Anda Tahu
Beranda Blog Biaya Pembuatan Kolam Renang, Ini yang Wajib Anda Tahu
Biaya Pembuatan Kolam Renang
31 Aug 2023  /  by Web Admin   /   0 Comments

Keberadaan kolam renang di rumah selain dapat memberikan kesenangan dan relaksasi bagi para penghuni rumah, juga akan menambah nilai rumah itu sendiri. Jika Anda ingin membangun kolam renang, penting untuk mengetahui terlebih dahulu biaya pembuatan kolam renang agar konstruksi kolam renang bisa berjalan lancar dan sesuai keinginan tanpa membebani keuangan. 

Nah, di artikel ini kami akan mencoba menjelaskan mengenai biaya pembuatan kolam renang yang bisa Anda jadikan referensi untuk mengestimasi anggaran yang dibutuhkan untuk mewujudkan kolam renang idaman Anda. 

Daftar Isi

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Pembuatan Kolam Renang

Biaya Pembuatan Kolam Renang

Bicara soal berapa biaya untuk membuat kolam renang tentu ada banyak faktor yang akan mempengaruhi besar kecilnya biaya. Berikut faktor-faktor yang bisa Anda pertimbangkan saat merencanakan membuat kolam renang:

Tipe Kolam Renang

Faktor pertama yang sangat mempengaruhi biaya pembuatan kolam renang adalah tipe kolam renang. Untuk diketahui, bahwa berdasarkan kedudukan pada permukaan tanah, kolam renang dapat dibedakan menjadi beberapa jenis termasuk:

  1. Kolam renang inground: kolam renang di dalam tanah atau kolam renang gali.
  2. Kolam renang above ground: kolam renang di atas tanah.  

Umumnya kolam renang inground lebih mahal karena membutuhkan biaya penggalian. Sementara kolam renang di atas tanah bisa lebih terjangkau, hanya saja pilihan desain yang tersedia tidak sebanyak dan semenarik kolam renang inground. 

Lokasi Kolam Renang

Lokasi juga akan mempengaruhi biaya pembuatan kolam renang. Misalnya, jika Anda ingin membangun kolam inground di topografi tanah yang miring atau berhutan tentu Anda membutuhkan tambahan biaya yang signifikan untuk membersihkan dan meratakan tanah sebagai salah satu tahapan penting dalam mempersiapkan lokasi yang akan dibangun kolam renang. 

Ukuran Kolam Renang

Ukuran kolam renang juga menjadi faktor utama yang mempengaruhi biaya pembuatan kolam renang. Semakin besar ukuran kolam tentu akan semakin banyak pula biaya yang harus dikeluarkan. Sebab, akan ada lebih banyak lahan dan material yang dibutuhkan. Juga proses pembuatan lebih lama sehingga diperlukan tukang atau pekerja yang lebih banyak agar pekerjaan dapat selesai dalam waktu yang ideal. 

Material Kolam Renang

Terdapat berbagai bahan untuk kolam renang yang masing-masing memiliki kisaran harganya sendiri. Bahan yang paling umum digunakan antara lain yaitu:

  1. Plester atau agregat. Bahan-bahan ini digunakan di atas dasar beton. Memiliki keunggulan fleksibilitas bahan sehingga Anda bisa membentuk kolam renang sesuka hati. Material ini juga merupakan bahan yang tahan lama.
  2. Ubin atau keramik. Material ini juga dipasang di atas dasaran beton. Selain tahan lama, penggunaan ubin atau keramik juga secara visual lebih menarik.
  3. Fiberglass. Kolam renang yang terbuat dari fiberglass hadir dalam bentuk menyerupai wadah yang telah dibuat sebelumnya lalu dipasang di lokasi. Dari segi pemasangan tentu akan lebih cepat, tetapi opsi desain sangat terbatas.
  4. Vinyl. Kolam renang berbahan vinyl merupakan opsi yang paling murah, setidaknya untuk pemasangan awal. Bahan ini cenderung lebih cepat memburuk dari waktu dan waktu meskipun Anda bisa menggunakan bahan tertentu untuk memperlambat proses tersebut.

Bentuk Kolam Renang

Perlu diketahui juga bahan yang Anda pilih akan menentukan bentuk kolam seperti apa yang dapat dibangun. Beton dan vinyl adalah material yang bisa dibuat menjadi bentuk apa saja. Sedangkan kolam fiberglass terbatas pada bentuk yang dirancang oleh pabrikan. Bentuk kolam renang juga sangat mempengaruhi banyaknya material yang diperlukan dan tingkat kerumitan pekerjaan.

Aksesoris Pelengkap

Seringkali kolam renang dihadirkan dengan berbagai aksesoris dan fitur-fitur penunjang yang berguna untuk meningkatkan fungsi dan estetika kolam renang. Seperti misalnya, penambahan taman kecil di sudut kolam renang, penambahan lampu LED di bawah kolam untuk menghidupkan suasana saat malam hari. 

Atau bisa juga membuat air mancur kecil atau air terjun untuk menciptakan efek menenangkan, hingga menyediakan tempat duduk built in untuk membuat waktu bersantai di kolam renang menjadi lebih nyaman. Fitur-fitur tersebut bisa menambah total biaya pembuatan kolam renang sehingga penting untuk menentukan aksesoris pelengkap apa saja yang Anda inginkan dan menyesuaikannya dengan budget anggaran.

Simulasi Perhitungan Biaya Pembuatan Kolam Renang

Biaya Pembuatan Kolam Renang

Dan berikut contoh perhitungan biaya untuk pembuatan kolam renang:

Biaya Konstruksi

Biaya konstruksi kolam renang beton dengan plester menggunakan jasa kontraktor umumnya sekitar Rp 3.000.000 sampai 4.500.000 per meter. Misal saja Anda ingin membangun kolam renang dengan ukuran 8 x 4 meter, maka perkiraan biaya konstruksi minimum yang dibutuhkan menjadi:

Rp 3.000.000 juta x 8 meter x 4 meter = Rp 96.000.000

Biaya Perizinan

Baik kolam renang pribadi (rumahan atau residensial) maupun kolam renang bisnis (komersial), Anda perlu mengajukan izin pembangunan ke Pemerintah setempat. Biaya perizinan ini bisa bervariasi tergantung pada wilayah Anda, mungkin perkiraan biaya sekitar Rp 7.5000.000 – Rp 15.000.000.

Biaya Aksesoris Tambahan

Jika Anda ingin menggunakan aksesoris tambahan pada kolam renang Anda, maka akan ada biaya pengadaan aksesoris tersebut. Berikut beberapa aksesoris tambahan yang paling umum disediakan beserta estimasi harganya:

  1. Tangga kolam stainless: Rp 2.000.000 – Rp 3.000.000
  2. Pompa pemanas: Rp 22.000.000 – Rp 45.000.000
  3. Lampu bawah air: Rp 3.000.000 – Rp 6.000.000

Dengan memperhitungkan semua faktor di atas, perkiraan biaya total pembuatan kolam renang Anda adalah sebagai berikut:

Rp 96.000.000 + Rp 7.500.000 + Rp 2.000.000 + Rp 22.000.000 + Rp 3.000.000 = Rp 130.500.000

*Disclaimer: Angka-angka di atas hanya perkiraan dan bisa sangat berbeda tergantung pada faktor-faktor lain seperti kebutuhan spesifik, lokasi geografis, dsb. Untuk informasi lebih lanjut dan akurat mengenai biaya pembuatan kolam renang sesuai kebutuhan, Anda bisa menghubungi Bintoro Pool.

Mengenal Jenis-Jenis Sirkulasi Kolam Renang

Biaya Pembuatan Kolam Renang

Disamping memperhatikan faktor-faktor yang bisa mempengaruhi biaya pembuatan kolam renang, Anda juga perlu menentukan sedari awal jenis sirkulasi kolam renang yang Anda gunakan. Pasalnya, pemilihan sistem sirkulasi kolam renang yang tepat akan membantu Anda dalam menghemat biaya konstruksi juga biaya perawatan kolam renang kedepannya. 

Sistem sirkulasi kolam renang sendiri memiliki fungsi utama untuk menjaga air agar tidak cepat kotor, keruh, dan kolam renang berubah menjadi kehijauan. Biasanya sistem ini dibangun bersamaan dengan konstruksi, pemipaan, dan kelistrikan kolam renang. 

Dengan mengetahui jenis-jenis sistem sirkulasi kolam renang, Anda pun bisa lebih mudah dalam memilihnya dengan menyesuaikan budget anggaran.

Sistem Skimmer

Sistem skimmer biasanya digunakan untuk menjaga air dalam kolam renang agar tidak melebihi dan meluap dari dinding kolam. Sehingga sistem ini harus didukung oleh konstruksi dinding kolam yang dibuat lebih tinggi dari permukaan air kolam renang. Kolam dengan sistem skimmer dibangun dan dipasang tanpa bak penampungan air atau balancing tank. Tetapi menggunakan suatu alat tambahan yang disebut dengan Skimmer Box.

Cara kerja sistem ini pun terbilang sangat sederhana. Skimmer akan menarik atau menghisap air bersama dengan kotoran yang mengapung. Lalu, kotoran atau sampah dedaunan nantinya akan tersaring dan masuk ke keranjang skimmer. Sementara air yang sudah bersih dipompa kembali ke kolam renang. 

Sistem Overflow

Sistem overflow paling sering digunakan pada kolam renang umum atau komersial. Penggunaan sistem ini identik dengan kolam renang yang airnya terlihat melimpah atau meluap dari permukaan kolam. Sehingga kolam renang yang menggunakan sistem ini biasanya dilengkapi dengan selokan kecil di tepi kolam yang berguna sebagai tempat masuknya luapan air dari kolam renang.

Air yang masuk ke saluran luapan atau selokan kecil kemudian akan mengalir dengan memanfaatkan gaya gravitasi menuju bak penampungan yang kemudian dihisap oleh pompa. Setelah itu, air akan disaring dari sampah dedaunan dan kotoran di sand filter dan kembali masuk ke kolam renang melalui inlet fitting. 

Proses ini terus berlangsung yang membuat air kolam selalu bersih dan jernih. Dibandingkan dengan kolam renang sistem skimmer, kolam renang dengan sistem overflow akan lebih mahal biaya pembangunan dan perawatannya karena memang konstruksi, mesin, dan pemipaannya lebih kompleks. 

Tips Menghemat Biaya Membuat Kolam Renang

Membuat kolam renang membutuhkan biaya yang bervariasi dan mungkin bisa menjadi proyek yang mahal. Akan tetapi, ada banyak cara untuk membantu menghemat biaya membangun kolam renang. Tips menghemat biaya pembuatan kolam renang antara lain yaitu: 

Memilih Ukuran yang Tepat

Membangun kolam renang tidak selalu memerlukan lahan yang luas. Kolam renang yang kecil pun juga bisa tampak menarik dan tetap nyaman digunakan untuk berenang jika didesain dengan tepat. Jadi, demi menghemat biaya tidak ada salahnya memilih ukuran kolam yang lebih kecil atau disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran Anda. 

Namun, Anda perlu memperhatikan juga standar pembangunan dari kolam renang yang ideal karena ini menyangkut keselamatan pengguna saat menggunakan kolam renang. Untuk lahan dan dana minimalis, Anda bisa membangun kolam renang setidaknya berukuran 6 x 2 meter dengan bentuk kolam yang memanjang. 

Merencanakan Lokasi Kolam dengan Hati-Hati

Pada umumnya, menempatkan kolam lebih dekat ke rumah Anda dapat mengurangi biaya konstruksi secara keseluruhan. Jika lokasi kolam renang lebih jauh di halaman, ini akan menciptakan ruang yang tidak perlu di antara rumah dan kolam. Hal ini memungkinkan Anda harus mengeluarkan biaya lebih banyak untuk penghiasan, pelapisan area tanah di sekitar kolam menuju rumah, dan proyek konstruksi lain. 

Cermat Ketika Menentukan Aksesoris Tambahan

Tentukan dengan cermat apa saja fitur atau aksesoris yang paling penting untuk dihadirkan di kolam renang Anda. Apakah Anda membutuhkan penutup kolam renang segera? Apakah Anda membutuhkan seluncuran? Apakah Anda membutuhkan pompa pemanas? Beberapa fitur kolam renang dapat dengan mudah ditambahkan nanti. Sehingga menunda penambahan fitur kolam renang akan menghemat sejumlah uang untuk pemasangan awal. 

Menggunakan Jasa Kontraktor Kolam Renang Terpercaya

Membangun kolam merupakan proyek konstruksi dengan banyak elemen yang perlu dikerjakan oleh sejumlah profesional yang berbeda di bidangnya masing-masing. Kurangi kesalahan dan penyesalan yang membuat Anda mengeluarkan biaya perbaikan atau maintenance yang mahal di kemudian hari dengan bekerja sama dengan kontraktor kolam renang profesional dan berpengalaman.

Kontraktor kolam renang yang profesional tentu akan melakukan pekerjaan berkualitas sehingga biaya yang Anda keluarkan dapat sebanding dengan hasil yang diperoleh. Selain itu, bekerja sama dengan kontraktor untuk mewujudkan kolam renang impian Anda akan memberikan berbagai keuntungan, termasuk diantaranya yaitu:

  1. Bisa mendapatkan saran dan rekomendasi terbaik mengenai desain kolam yang sesuai kebutuhan dan anggaran.
  2. Proyek pembuatan kolam renang dapat selesai dengan cepat dan efisien berkat adanya time schedule yang jelas. 
  3. Kolam renang tidak hanya indah dan menarik tetapi juga aman dan tahan lama karena ditangani langsung oleh para ahlinya. 

Demikianlah pembahasan mengenai biaya pembuatan kolam renang yang wajib Anda ketahui beserta tips-tips yang dapat membantu Anda dalam menghemat biaya. Kami – Bintoro Pool dapat membantu merancang dan membangun kolam renang impian Anda dengan biaya yang kompetitif dan tidak perlu diragukan lagi kualitasnya. 

Hubungi kami hari ini untuk mulai konsultasi dan mendapatkan estimasi biaya untuk pembuatan kolam renang sesuai kebutuhan Anda. Klik disini sekarang untuk konsultasi!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *