Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
Syarat Pembuatan Kolam yang Memengaruhi Biaya Bangun Kolam Renang
Beranda Blog Syarat Pembuatan Kolam yang Memengaruhi Biaya Bangun Kolam Renang
Sistem Skimmer
10 Oct 2024  /  by Web Admin   /   0 Comments

Syarat Pembuatan Kolam yang Memengaruhi Biaya Bangun Kolam Renang

Biaya bangun kolam renang dapat dipengaruhi berbagai macam hal, termasuk bermacam-macam syarat yang harus dipenuhi. Ketahui lebih dulu syarat apa saja pada pembuatan kolam renang yang bisa berpengaruh pada biaya dan wajib Anda perhatikan. Simak juga beberapa alat dan aksesoris penting berikut yang mendukung fungsi kolam renang.

Syarat Pembuatan Kolam yang Memengaruhi Biaya Bangun Kolam Renang

1. Lokasi yang Tepat dan Lahan yang Cukup

Ketika memiliki rencana untuk membangun kolam renang, Anda tidak sekadar memikirkan soal biaya. Ada sejumlah syarat penting dalam pembuatan kolam yang nantinya juga berpengaruh pada besar kecilnya biaya keseluruhan. Salah satu persyaratan tersebut adalah lokasi yang tepat di lahan yang cukup dan memastikan bahwa lokasi tersebut aman untuk kolam.

Entah itu kolam mini atau berukuran standar, setidaknya Anda bisa memiliki lahan yang bisa membangun kolam dengan ukuran ideal. Kolam renang mini adalah kolam yang biasanya digunakan tidak untuk benar-benar berenang, tapi hanya bermain air dan nongkrong. Jadi jika ingin bisa renang dengan nyaman dan aman, pilih lahan yang bisa membangun kolam 3×7 meter.

2. Sistem Sirkulasi Kolam Renang

Syarat penting lainnya yang harus dipenuhi ketika ingin membuat kolam renang adalah adanya sistem sirkulasi yang tepat. Sistem sirkulasi ini membantu agar kolam renang tetap terjaga kebersihannya sehingga dapat terus digunakan dengan nyaman. Terdapat tiga jenis sistem sirkulasi pada kolam renang yang bisa disesuaikan dengan ukuran dan desain kolam, yaitu:

  • Overflow
    Sistem sirkulasi overflow adalah Sistem dengan pengadaan saluran untuk melimpahkan air pada berbagai sisi kolam. Jadi, aliran air pada permukaan kolam biasanya dapat tumpah ke sisi lebar maupun sisi panjang kolam. Maka untuk kolam renang dengan sistem ini, dibutuhkan lahan luas dengan kolam juga harus dibangun di atas lokasi yang datar.
  • Semi Overflow
    Biaya bangun kolam renang di rumah tergantung dari sistem sirkulasi yang digunakan pada kolam tersebut. Namun, Anda tidak bisa menghilangkan elemen satu ini ketika ingin membangun kolam hanya karena berniat menghemat biaya. Salah satu sistem sirkulasi wajib adalah semi overflow yang juga memiliki saluran pelimpahan air ke salah satu tepi kolam.

    Semi overflow adalah sistem yang serupa tapi tidak sama dengan overflow karena tumpahnya air hanya ke sisi panjang atau lebar. Maka pada semi overflow dibangun balancing tank yang bisa Anda jumpai seperti pada kolam edge atau kolam infinity. Kelebihan dan kekurangan semi overflow maupun overflow bisa Anda tanyakan dan diskusikan ke jasa kontraktor.

  • Skimmer
    Sistem sirkulasi yang tidak memerlukan lahan terlalu luas adalah skimmer dan aliran air diarahkan ke dalam dinding kolam. Skimmer box dalam pembangunan kolam renang akan dipasang pada dinding pinggir kolam agar air bisa menuju sana. Untuk kolam renang minimalis, Anda dapat menggunakan sistem sirkulasi satu ini sebagai pemenuhan syarat.

3. Pasokan Listrik

Tidak hanya lahan yang cukup luas untuk membangun kolam renang, Anda juga harus memastikan memenuhi syarat tersedianya pasokan listrik. Itulah sebabnya mengapa pembuatan kolam renang tidak bisa sembarangan dan memerlukan banyak pertimbangan matang. Pasokan listrik adalah salah satu prioritas tidak sekadar untuk mendukung pencahayaan malam hari.

Jika Anda membangun kolam renang berukuran 7×3 meter, maka pompa berdaya 500 Watt setidaknya harus sudah siap. Hal ini menjadi syarat agar kolam tetap bersih dengan terus berputarnya air karena daya listrik mencukupi. Belum lagi penerangan bawah air dan di area kolam renang itu sendiri agar saat digunakan malam hari keamanannya lebih terjamin.

4. Pasokan Air

Biaya bangun kolam renang yang ideal juga perlu memerhatikan syarat berupa pasokan air yang memadai dan sudah terjamin sejak awal. Syarat ini tentu wajib dipenuhi karena kolam renang tidak akan berfungsi tanpa adanya pasokan air yang tepat. Sumber air bisa dari pegunungan, air PAM, hingga air tanah sehingga Anda tidak perlu bingung soal ini.

Namun yang perlu diperhatikan saat membangun kolam renang dan pasokan airnya sudah ada adalah pemeliharaan air kolam. Anda tidak seharusnya mengabaikan kolam renang yang sudah jadi dan sudah diisi dengan air tanpa satu kalipun merawatnya. Kalau berniat mengisinya sekali, pastikan untuk menjaga kadar pH, klorin, dan kebersihan air kolam.

Macam-macam Aksesoris Kolam Renang dan Fungsinya

1. Skimmer Box

Skimmer box
Sumber : astralpool

Selain persyaratan utama dalam pembangunan kolam renang, Anda juga wajib memerhatikan aksesoris penting lainnya. Salah satunya adalah skimmer box yang dibutuhkan pada kolam dengan tipe sistem sirkulasi skimmer. Guna skimmer box adalah untuk menjaga volume air agar tetap terjaga kestabilannya tanpa tumpah sampai ke luar kolam.

Biaya bangun kolam renang yang bagus akan cukup tinggi, terutama jika ikut mempertimbangkan jenis sistem sirkulasinya juga. Sementara untuk sistem sirkulasi kolam renang semi overflow, terdapat aksesoris yang fungsinya sama dengan skimmer. Istilahnya adalah vacuum fitting yang merupakan lubang tempat masuknya aliran air kolam.

2. Pompa

Pompa
Sumber : Jakarta Pompa

Kolam renang belum lengkap jika belum ada pompa kolam renang di mana pemasangan detailnya bisa Anda diskusikan dengan jasa kontraktor. Keberadaan pompa ini mendukung proses sirkulasi air sehingga air dapat terarahkan ke sistem sirkulasi dengan benar. Selain itu, pompa juga melancarkan proses penyaringan air kolam sehingga terjaga kebersihannya.

3. Filter

Sand Filter
Image: Ralf Geithe - istockphoto.com

Alat atau aksesoris penting pada kolam renang adalah filter atau sistem penyaringan dengan model yang bisa berbeda satu dengan lainnya. Fungsi filter yang paling utama adalah sebagai penyaring air yang mengisi kolam sehingga kejernihan dan kebersihannya lebih terjamin. Untuk model dan ukuran filter dapat Anda konsultasikan dengan jasa kontraktor agar lebih tepat.

4. Lampu dan Tangga

tangga
Sumber : Bossgo

Kolam renang juga membutuhkan pencahayaan agar bisa digunakan sewaktu-waktu di malam hari, khususnya lampu underwater dan di sekitar area kolam. Aksesoris yang tidak wajib ada namun juga banyak digunakan karena bisa sangat penting adalah tangga kolam renang. Agar lebih mudah keluar dan masuk kolam, tangga seharusnya Anda pertimbangkan.

5. Inlet Fitting

Biaya bangun kolam renang
Sumber : Jakarta Piranti

Biaya bangun kolam renang per meter tidak hanya mempertimbangkan soal ukuran dan material, tapi juga berbagai alat dan aksesorisnya. Salah satu yang dimaksud adalah inlet fitting, yaitu lubang outlet air bersih setelah melewati sistem penyaringan. Untuk kolam renang rumahan dengan ukuran standar biasanya Anda perlu memasang sekitar 3-4 buah inlet fitting.

6. Main Drain

Biaya bangun kolam renang
Sumber : Emaux Indonesia

1. Tidak Memikirkan Spesifikasi

Pembuatan kolam renang tidak bisa dilakukan sembarangan tanpa perencanaan sama sekali dan hanya berdasarkan keinginan semata. Tidak memikirkan spesifikasi kolam dan perencanaan sungguh-sungguh adalah suatu kesalahan umum yang membuat hasil pembuatan tidak sesuai ekspektasi. Tidak hanya gambaran desain, ada banyak hal detail yang harus dipertimbangkan.

Gambaran desain dan lokasi saja tidak cukup ketika ingin merealisasikan pembuatan kolam renang di rumah. Anda harus sudah siap dengan perencanaan spesifikasinya, seperti penempatan, luas, kedalaman, bentuk, jenis sistem sirkulasi, dan dekorasi atau aksesoris. Bila Anda bingung, minta bantuan dan konsultasi dengan jasa pembuatan kolam renang terpercaya.

Main drain adalah alat lainnya yang Anda patut pertimbangkan dan diskusikan keberadaannya dengan jasa kontraktor. Tersedia dalam berbagai pilihan bentuk, fungsi utama alat ini adalah sebagai jalur aliran air kotor baik saat pengurasan maupun penyaringan. Perihal pemasangan, Anda bisa serahkan hal ini sepenuhnya ke jasa kontraktor profesional.

Biaya bangun kolam renang dengan kualitas terbaik tanpa khawatir soal harga bisa Anda serahkan pada Bintoro Pool. Dengan pengalaman selama 6 tahun lebih di bidangnya dan ribuan tenaga ahli, proyek kolam renang Anda dijamin selesai tepat waktu. Hubungi 150130 / 0822-1000-6070 atau marketing@bintoropool.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archive
October 2024
M T W T F S S
 123456
78910111213
14151617181920
21222324252627
28293031