Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
Cara Perawatan Kolam Renang yang Tepat Agar Air Tetap Berkualitas
Beranda Blog Cara Perawatan Kolam Renang yang Tepat Agar Air Tetap Berkualitas
Perawatan Kolam Renang
13 Dec 2023  /  by Web Admin   /   0 Comments

Cara Perawatan Kolam Renang yang Tepat Agar Air Tetap Berkualitas

Kolam renang merupakan salah satu fitur untuk hunian yang menjadi tempat untuk berolahraga, bersenang-senang, dan bersantai bersama keluarga. Agar kolam renang kesayangan Anda selalu dalam kondisi prima saat digunakan dan memastikan umurnya panjang, maka perawatan kolam renang secara rutin sangatlah penting. 

Di sini kami telah merangkum panduan untuk merawat kolam renang Anda, mencakup segala hal mulai dari pembersihan, pengujian air, hingga perawatan kimia.

Daftar Isi

Komponen Dasar Kolam Renang

Biaya Pembuatan Kolam Renang

Sebelum mengetahui langkah-langkah perawatan kolam renang, alangkah baiknya Anda terutang yang masih awam untuk mengenal komponen-komponen dasar dari kolam renang terlebih dahulu. Memahami tentang hal tersebut dapat membantu Anda menjaga fungsi masing-masing komponen tetap lancar dan mempermudah penyelesaian masalah saat terjadi kendala. Dan berikut 4 komponen dasar yang ada dalam kolam renang yang perlu perawatan rutin:

Air Kolam

Air di kolam adalah kunci kebahagiaan. Kondisi air yang bersih, jernih, dan seimbang  menjadikan kolam renang nyaman digunakan, memberikan kesegaran yang menyenangkan sekaligus melindungi Anda dan keluarga Anda dari kontaminan dan polutan. Kondisi air kolam renang yang prima juga akan membantu Anda menghindari perbaikan perangkat keras yang mahal akibat korosi atau penumpukan mineral, dan membantu seluruh kolam Anda bertahan lebih lama.

Interior Kolam

Bagian yang perlu Anda perhatikan selanjutnya untuk dilakukan perawatan rutin adalah interior kolam renang. Dinding liner kolam selalu bersentuhan dengan air kolam dan benda-benda lain yang masuk ke dalam kolam. Menjaga interior kolam renang dalam kondisi baik, dan bersih dari ganggang, jamur, dan kotoran, akan membantu menjaga kolam Anda tetap bersih dan aman.

Sistem Filter

Pada sistem sirkulasi air kolam renang, terdapat filter yang memiliki fungsi sebagai media penyaring air kolam yang telah dialirkan oleh pompa kolam. Keberadaan filter ini sangat penting untuk membersihkan kotoran dan kontaminan lain dari air kolam Anda. Tanpa sistem filter yang berfungsi dengan baik, air kolam renang Anda pun bisa segera menjadi keruh, tercemar, dan pada akhirnya tidak dapat digunakan untuk berenang. Oleh karena itu, filter menjadi komponen selanjutnya yang perlu menjadi bagian dari rangkaian perawatan rutin kolam renang Anda.

Skimmer

Skimmer bisa ditemukan pada kolam renang dengan sistem sirkulasi skimmer. Fungsi utama dari komponen ini adalah sebagai media alat sirkulasi untuk menjaga keawetan dan kejernihan air, yang mana air dari dalam kolam disedot dan disaring lalu disalurkan oleh vacuum langsung ke filter untuk alirkan kembali ke dalam kolam renang.

Berbagai kotoran dengan ukuran seperti debu, daun, potongan ranting, bahkan minyak mampu disaring oleh skimmer dengan sangat baik. Selanjutnya kotoran yang tersaring akan masukkan ke dalam skimmer box. Skimmer ini dapat bekerja paling baik saat dalam kondisi bersih dan bebas dari penghalang (kotoran/ sampah yang menumpuk).

Cara Perawatan Kolam Renang Agar Bersih, Awet, dan Aman

Cara-Perawatan-Kolam-Renang-Agar-Bersih-Awet-Aman

Berikut adalah beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk merawat kolam renang supaya air kolam menjadi berkualitas:

Memvakum Dasar Kolam Renang

Yang pertama vakum lah kolam Anda dari kotoran dan puing-puing yang jatuh ke dasar kolam. Anda bisa gunakan alat penyedot debu kolam renang yang mudah dijumpai di pasaran dengan sebutan automatic pool cleaner untuk membersihkan dasar/ lantai kolam. Dengannya Anda bisa dengan mudah dan cepat menghilangkan kotoran dan ganggang dimana cara kerjanya hampir mirip seperti saat Anda membersihkan bagian dalam rumah Anda menggunakan vacuum cleaner. Tugas ini dapat Anda masukkan ke tugas perawatan kolam renang mingguan untuk menjaga kolam Anda tetap bersih dan jernih.

Menyikat Permukaan Interior Kolam

Selain menyedot debu di dasar kolam renang menggunakan vacuum cleaner khusus kolam, direkomendasikan juga untuk membersihkan kolam secara menyeluruh dengan menyikat permukaan interior kolam yang dapat mencakup bagian dinding kolam, tangga, dan lantai kolam. Tugas ini juga bisa dilakukan setidaknya sekali dalam seminggu.

Mempertahankan Ketinggian Air

Banyak pemilik kolam renang yang mungkin mengabaikan pentingnya menjaga ketinggian air di kolam renang mereka. Padahal, membiarkan ketinggian air kolam naik atau turun sebenarnya dapat merusak keseimbangan kimiawi di dalam air. Apabila ketinggian air tidak dipertahankan pada tingkat yang sesuai, hal tersebut dapat menyebabkan filter dan skimmer menjadi lebih sulit untuk menjaga kebersihan kolam renang Anda.

Membersihkan Filter Kolam

Selanjutnya bersihkan filter kolam Anda karena kinerja filter yang prima sangat penting untuk memastikan air kolam bersih dan aman serta memperpanjang umur kolam Anda. Tujuan dari membersihkan filter kolam renang tak lain untuk mengeluarkan kotoran yang mungkin terperangkap di dalam filter dan mengeluarkannya dengan aman. Untuk frekuensi pembersihan filter sendiri biasanya dilakukan bulanan dan tergantung pada jenis filter yang digunakan dan seberapa sering Anda menggunakan kolam renang. 

Jika itu filter cartridge (tergantung ukurannya), Anda harus membersihkannya setiap 3 hingga 6 bulan. Sedangkan untuk filter DE atau Diatomaceous filter harus dibongkar seluruhnya dan dibersihkan setiap 3 hingga 4 bulan. Sementara untuk sand filter (filter pasir), pasir biasanya harus diganti setiap 3 sampai 5 tahun atau ketika kualitas air mulai menurun dan harus dicuci setidaknya setiap bulan untuk membersihkan sebagian filter dari kotoran.

Memperhatikan Kandungan Kimia Dalam Air

Kandungan bahan kimia dalam air kolam renang yang tidak tepat atau bersifat korosif dapat menyebabkan kerusakan pada kolam renang termasuk permukaan kolam, peralatan kolam, dek kolam. Campuran kimia pada air juga menjadi kunci dari air kolam yang tepat jernih dan tidak berbau.

Penggunaan bahan kimia kolam renang tentu harus sesuai batas kadarnya. Jika terlalu berlebihan, maka dapat menimbulkan efek buruk bagi kesehatan para pengguna kolam renang. Salah satu langkah penting dilakukan dalam berkaitan kandungan kimia dalam air adalah memeriksa kadar pH dan klorin kolam menggunakan test kit

Cara pemakaian test kit terbilang sangatlah mudah dan memungkinkan Anda bisa langsung mengetahui status pH dan kadar klorin terkini dengan cepat. Adapun tingkat kadar klorin yang ideal adalah 1 hingga 1,5 ppm. Apabila kadar klorin kurang dari angka tersebut, maka Anda bisa menambahkan bahan kimia klorin ke dalam kolam secara bertahap. 

Sedangkan tingkat pH yang ideal berkisar antara 7,2-7,6 untuk melindungi kulit dan mata, serta perlengkapan dan pelapis kolam renang. Jika ternyata pH kurang ideal, maka dapat ditambahkan soda ash. Namun, jika tingkat pH terlalu tinggi, Anda memerlukan asam klorida kimiawi untuk menurunkannya.

Itulah beberapa tips dan cara perawatan kolam renang yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kebersihan kolam renang. Tidak dapat dipungkiri, bahwa perawatan kolam renang bisa menjadi pekerjaan yang tidak mudah, memakan waktu dan tenaga, serta membutuhkan keahlian. Jika Anda merasa kesulitan, terlalu sibuk atau tidak memiliki pekerja khusus untuk merawat kolam renang Anda, Anda bisa mencari bantuan ke jasa perawatan kolam renang profesional.

Untuk layanan perawatan kolam renang yang profesional, Anda bisa menghubungi Bintoro Pool segera. Dapatkan sesi konsultasi gratis, penawaran harga terbaik, dan kualitas hasil kinerja yang maksimal dengan Klik Disini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archive
June 2024
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930