Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
Cara Mengatasi Air Kolam Hijau yang Jitu dan Penyebabnya
Beranda Blog Cara Mengatasi Air Kolam Hijau yang Jitu dan Penyebabnya
Cara Mengatasi Air Kolam Hijau
20 Mar 2024  /  by Web Admin   /   0 Comments

Cara mengatasi air kolam hijau adalah salah satu proses perawatan yang harus dilakukan secara rutin. Perawatan yang rutin tentu saja akan membuat air kolam tetap jernih dan bersih. 

Air kolam renang yang jernih dan bersih pun tentu saja akan membuat Anda terhindar dari berbagai macam penyakit kulit. Di bawah ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi permasalahan kolam renang hijau.

Daftar Isi

9 Cara Mengatasi Air Kolam Hijau yang Jitu

Cara Mengatasi Air Kolam Hijau
Image: iherphotography - freepik.com

1. Memeriksa Sistem Filtrasi

Salah satu penyebab mengapa air kolam renang bisa berwarna hijau yaitu karena gagalnya filtrasi sehingga kotoran dapat masuk karena tak tersaring. Hal tersebut dapat terjadi karena filter dan mesin pompa kapasitasnya tidak sesuai dengan volume air dan ukuran kolam renang.

Hal tersebut membuat filter kolam renang tak dapat berfungsi dengan semestinya. Oleh sebab itu, sangat disarankan untuk mengecek pemipaan dan sistem filtrasi kolam renang. Filter yang baik yaitu yang kapasitas dan jumlahnya sesuai dengan volume air kolam renang. 

2. Menstabilkan Kadar Ph Air Kolam

Cara mengatasi air kolam hijau dan kotor yaitu dengan cara menstabilkan kadar Ph air kolam. Apabila Ph air kolam renang kondisinya tidak stabil atau tidak seimbang, maka bakteri dan kuman dengan mudah muncul. Oleh sebab itu, air kolam pun menjadi warna hijau.

Ph stabil harus dimiliki oleh air kolam renang. Kestabilan Ph kolam berada di rentang 7,2 sampai 7,6. Jika Ph ada di bawah atau di atas standar tersebut maka obat pembersih harus ditambahkan. Hal tersebut bertujuan agar Ph kembali stabil.

Gunakan test kit khusus yang digunakan untuk kolam renang agar bisa memeriksa kondisi Ph air kolam renang. Tujuannya adalah untuk dapat menguji tingkat chlorin dan Ph pada air kolam renang. 

3. Rutin Mengganti Pasir Silika

Pasir silika terdapat pada tabung filter kolam renang. Pasir yang satu ini memang berbeda dengan pasir pada umumnya. Pasir silika merupakan pasir yang memang khusus digunakan untuk filter kolam renang. 

Fungsi dari pasir silika yang ada di filter ini adalah untuk menyaring atau memfilter kotoran yang tersaring dari sirkulasi air. Pasir ini memiliki fungsi untuk menyerap lumpur, sedimen atau tanah yang larut dan masuk ke dalam air kolam. 

Fungsinya akan terus menurun apabila pasir silika ini digunakan secara intens karena pengaruh obat pembersih yang diterapkan pada kolam renang. Pasir silika ini bisa digunakan maksimal selama 5 tahun. Oleh sebab itu, tips cara mengatasi air kolam hijau yaitu pasir silika perlu diganti secara rutin selama 5 tahun sekali.

4. Penggunaan Obat Khusus Kolam Renang

Cara berikutnya yang bisa dilakukan untuk membuat kolam renang hijau menjadi jernih yaitu dengan menggunakan obat pembersih khusus. Penggunaan obat pembersih berdasarkan kadarnya dapat membuat kolam air renang menjadi biru, jernih dan bersih. 

Namun penggunaan obat pembersih khusus kolam renang yang asal-asalan juga dapat membaut kolam renang gampang kotor. Penambahan obat pembersih perlu dibarengi dengan mengukur Ph. Sangat penting untuk mengecek Ph untuk mengetahui kadarnya dan bisa menyesuaikan pemberian obat kimia. 

Beragam tipe obat kimia yang berfungsi mencegah kolam renang berwarna hijau adalah kaporit, chlorine, terusi, soda ash, dan PAC. Obat-obat kimia tersebut pun memiliki kegunaan yang berbeda-beda. 

5. Menjaga Kebersihan Kolam

Kotoran yang bertebaran ke dalam kolam renang seperti daun-daun dan ranting juga menjadi salah satu penyebab kotornya kolam renang. Sehingga membuat kolam renang menjadi berwarna hijau. 

Tentu saja kolam pun cepat kotor. Khususnya kolam renang yang berada di luar ruangan atau outdoor. Oleh sebab itu, kebersihan di sekitar kolam renang pun sangat penting untuk dijaga khususnya apabila terdapat pohon atau tumbuhan. Pembersihan sekitar kolam renang memang perlu dilakukan secara rutin. 

Lalu apabila terdapat sampah, daun atau ranting yang jatuh atau terbawa angin ke dalam kolam renang, maka bersihkanlah sesegera mungkin agar tidak kotor. Oleh sebab itu, sangat penting untuk memiliki leaf skimmer atau alat yang digunakan untuk menyerok kotoran dari kolam renang. 

6. Menambah Obat Kimia Ketika Musim Hujan

Kondisi kolam renang dapat dipengaruhi oleh ekstremnya faktor cuaca. Khususnya pada kolam renang yang berada di outdoor atau luar ruangan. Cara mengatasi air kolam hijau di musim hujan ada dengan cara menambahkan obat kimia secara rutin apabila dibandingkan ketika cuaca panas. 

Ketika musim hujan, air yang masuk ke dalam kolam renang akan membuat air lebih cepat keruh. Obat kimia yang terkandung di dalam air kolam renang pun akan ikut hilang. Saat musim hujan, maka sangat penting untuk menambahkan obat kimia secara rutin daripada ketika cuaca panas. 

7. Menambahkan Air

Ketika air kolam renang warna hijau, salah satu cara untuk menyiasatinya adalah dengan menambahkan air. Cara ini dapat dilakukan karena bisa saja air kolam menguap yang disebabkan oleh sinar matahari. 

Cara ini juga dapat dilakukan untuk membuat air kolam renang kembali menjadi jernih. Namun proses penambahan air ini juga perlu dilengkapi dengan penambahan obat kimia dengan takaran yang sesuai.

8. Mikroorganisme

Cara mengatasi air kolam hijau dan kurang jernih adalah dengan mengatasi mikroorganisme yang ada di dalamnya. Mikroorganisme adalah fitoplankton berupa tumbuhan air yang melayang di air berukuran mikro. Gunakan obat kimia, untuk mencegah adanya mikroorganisme itu seperti memasukkan chlorine.

9. Perawatan Kolam Renang dengan Rutin

Perawatan kolam renang secara rutin adalah cara agar kolam renang tidak cepat berlumut dan berwarna hijau. Berikanlah obat kimia yang pas sesuai takaran. Atau bisa juga secara langsung melakukan treatment. Lakukan proses pembersihan menggunakan vakum kurang lebih sekali dalam seminggu. Kejernihan dan kebersihan kolam renang pun akan tetap terjaga. 

Penyebab Air Kolam Hijau

Cara Mengatasi Air Kolam Hijau
Image: dengarden.com

1. Kandungan Alga Tinggi

Kandungan alga yang cukup tinggi di dalam air menjadi salah satu penyebab air kolam hijau. Alga mengandung zat klorofil yang menyebabkan air kolam berwarna hijau. Terdapat beberapa alasan mengapa alga bisa hidup subur di dalam air, antara lain karena nitrat yang tinggi, sinar matahari dan oksigen.

Proses fotosintesis alga di dalam air akan semakin cepat ketika terkena cahaya matahari. Selain itu, apabila tidak diatasi dengan segera maka alga akan semakin menjamur dan air kolam renang akan semakin hijau dan berlumut.

2. Tidak Stabilnya Ph Air Kolam

Ketidakstabilan Ph air kolam bisa berpengaruh terhadap kondisi warna air. Air pun dapat berubah warna menjadi hijau. Ketika terjadi ketidakseimbangan terdapat Ph air, maka beberapa organisme seperti lumut dan bakteri dapat berkembang biak dengan mudah di dalam air.

3. Situasi Cuaca

Warna air kolam dapat dipengaruhi oleh situasi dan kondisi cuaca. Ph air akan berubah dengan masuknya air hujan ke dalam kolam. Di samping itu, partikel kotoran yang dibawa oleh air hujan akan membuat air kolam menjadi kotor dan airnya berubah menjadi warna hijau.

Itu adalah beberapa cara mengatasi air kolam hijau yang bisa diterapkan oleh Anda. Selain itu, pahami juga penyebab-penyebab yang membuatnya bisa berubah warna.

Jika Anda sibuk atau tidak sempat mengatasi permasalahan pada kolam renang Anda sendiri, serahkan  sepenuhnya kepada Bintoro Pool untuk perawatan dan  pemeliharaan kolam renang Anda. Hubungi Call Center 150130 sekarang juga untuk terhubung ke Customer Service dan meminta detail layanan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archive
April 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930