Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
7 Inspirasi Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis
Beranda Blog 7 Inspirasi Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis
Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis
27 Jan 2024  /  by Web Admin   /   0 Comments

7 Inspirasi Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis

Membangun kolam renang kecil di belakang rumah minimalis bisa dilakukan dengan mudah. Ada berbagai tipe dan gaya kolam renang yang bisa ditiru. Berikut ini kami bagikan inspirasi desain kolam renang untuk hunian minimalis Anda.

Daftar Isi

7 Inspirasi Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis

1. Kolam renang gaya Eropa

Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis
Image: thespruce.com

Kolam renang gaya Eropa memiliki fokus pada bentuk ukiran di dinding sekitar kolam renang. Anda bisa membangun kolam renang dengan bentuk simpel, tetapi dinding di sekitarnya menggunakan ukuran khas gaya Eropa minimalis.

Pilih warna-warna netral seperti putih tulang atau abu-abu. Tambahkan juga ornamen dan hiasan lain, seperti patung kecil atau miniatur air mancur. Gaya seperti ini cocok untuk Anda yang memiliki konsep hunian mewah khas Eropa.

2. Kolam renang simpel

Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis
Image: John Fornander - unsplash.com

Kolam renang ini memiliki ukuran yang tak terlalu besar. Bentuknya pun hanya kotak saja. Namun, untuk menambah keindahan gunakan material dengan desain menarik di bagian badan kolam renang. Anda bisa menggunakan keramik bermotif atau material lain di badan kolam.

Hindari memilih warna yang terlalu cerah. Gunakan warna-warna netral seperti abu-abu atau warna keramik yang agak kehijauan. Desain kolam renang kecil di belakang rumah minimalis ini bisa menjadi solusi jika ingin membangun kolam renang budget kecil. 

3. Kolam renang geometris

Kolam geometris
Image: John Fornander - unsplash.com

Jika bosan dengan bentuk kolam yang hanya kotak saja, maka desain berbentuk geometris adalah solusinya. Buat kolam renang dengan desain geometris agar tidak terlihat terlalu datar.

Desain seperti ini memberikan dimensi baru yang terlihat lebih hidup. Namun, pastikan ketersediaan ruang cukup dan memadai. Anda bisa membuat desain dengan sentuhan lakukan di beberapa sisi kolam agar terlihat lebih artistik.

4. Kolam renang huruf L

Kolam letter L
Image: Jonathan Borba - unsplash.com

Kolam renang dengan bentuk huruf L bisa menjadi andalan jika ruang yang dimiliki tidak terlalu besar. Desain kolam seperti ini bisa digunakan untuk rumah minimalis yang tidak terlalu besar dan bagian teras belakangnya menyatu dengan halaman.

Pastikan proporsi huruf L yang dibuat tidak timpang. Tujuannya adalah agar hasilnya secara keseluruhan tetap terlihat seimbang. Konsultasikan ukuran kolam renang kecil di belakang rumah minimalis yang tepat dengan kontraktor Anda. 

5. Kolam renang semi indoor

Kolam semi indoor
Image: shadefxcanopies.com

Membuat kolam renang semi indoor juga bisa dilakukan di rumah minimalis. Caranya adalah dengan memasang sebagian atap di teras di sisi kolam renang. Jadi, ada sebagian sisi kolam yang terlindungi oleh atap dan sebagian terbuka.

Cara seperti ini lebih efektif daripada menggunakan kanopi. Penggunaan kanopi akan membuat kolam terlihat sempit. Selain itu, akses udara yang dihasilkan juga akan lebih banyak dengan mengikuti cara ini.

6. Kolam renang dengan gazebo

Kolam dengan gazebo
Image: lifeforstock - freepik.com

Jika Anda memiliki halaman dengan luas yang cukup besar, maka membangun gazebo di sisi kolam renang adalah ide bagus. Gazebo bisa digunakan sebagai tempat untuk bersantai. Namun, bisa juga digunakan sebagai tempat mengeringkan badan setelah selesai renang.

Buat gazebo dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Kemudian, letakkan di pinggir kolam. Rumah pun akan memiliki tampilan yang lebih hangat dan nyaman. Cara ini bisa dipraktikkan di halaman rumah minimalis Anda.

7. Kolam renang konsep alam

Kolam konsep alam
Image: pinterest.com

Konsep kolam renang kecil di belakang rumah minimalis terakhir yang bisa ditiru adalah konsep alam. Konsep ini memanfaatkan penggunaan batuan alam sebagai dinding badan kolam. Kemudian tanaman digunakan sebagai hiasan di area sekitar kolam.

Anda juga bisa menambah lampu di bagian pinggir dalam kolam. Tujuannya adalah agar ketika menyala, suasana akan terasa lebih hangat dan menyegarkan. Pilih bebatuan dengan warna yang agak gelap untuk menghasilkan tampilan yang teduh.

Tips Membuat Kolam Renang Minimalis di Halaman Rumah

Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis
Image: Max Vakhtbovycn - pexels.com

Tips membangun kolam renang minimalis ini bisa diikuti untuk Anda yang memiliki ukuran halaman terbatas. Simak lebih lengkap dalam tulisan di bawah ini:

1. Tentukan lokasi pembangunan

Langkah pertama yang dilakukan adalah menentukan lokasi pembangunan. Apakah Anda ingin membangun kolam di sisi rumah atau di bagian belakang rumah. Pastika. tersedia ruang yang cukup untuk membangun kolam renang di lokasi tersebut.

Untuk rumah minimalis, Anda bisa membangun kolam di bagian atas rumah. Hanya saja, cara ini memakan lebih banyak biaya. Namun, tips ini cocok untuk Anda yang memiliki halaman sempit dan ingin punya kolam renang pribadi.

2. Ukur luas lokasi

Setelah menentukan lokasi, langkah selanjutnya adalah mengukur luas kolam renang kecil di belakang rumah minimalis. Pengukuran dilakukan dengan tujuan menentukan seberapa besar kolam yang akan dibuat nantinya.

Jangan membuat kolam dengan ukuran yang sama seperti lokasi. Sisakan space untuk berjalan atau menaruh dekorasi. Hal ini penting juga untuk keperluan perawatan kolam agar lebih mudah dilakukan ketika pembangunan sudah selesai.

3. Buat perencanaan desain dan konsep kolam

Jika sudah menentukan ukuran, maka langkah selanjutnya adalah membuat perencanaan desain dan konsep. Anda bisa menggunakan referensi konsep di atas untuk ditiru. Pilih konsep yang paling sesuai dengan kondisi rumah Anda.

Pastikan juga membuat rancangan biaya yang akan dibutuhkan. Gunakan sistem budgeting agar biaya yang dikeluarkan tidak membengkak. Kemudian barulah buat rancangan material dan rencana kerja yang akan dilakukan.

4. Gunakan sistem skimmer

Untuk membuat kolam renang minimalis, sebaiknya gunakan sistem skimmer. Sistem ini memiliki proses instalasi yang mudah. Tak hanya itu, biayanya pun tidak terlalu besar jika dibandingkan dengan sistem overflowing. Sistem skimmer ini cocok untuk diterapkan di kolam renang kecil di belakang rumah minimalis modern. Perawatannya mudah dan juga tidak memakan banyak ruang. Pastikan memilih jasa layanan ahli bersertifikasi agar pemasangan sistem sirkulasi bisa berjalan dengan lancar.

5. Rapatkan kolam ke bagian dinding

Untuk menghemat ruang, Anda bisa merapatkan kolam renang ke bagian dinding. Caranya adalah dengan merapatkan salah satu sisi ke dinding. Dengan begitu, ruang yang terpakai akan lebih sedikit.

Sisakan space di sisi lain untuk tempat berjalan atau mengeringkan badan. Dengan cara ini, Anda tetap bisa membangun kolam renang di lahan yang sempit sekalipun. Padukan juga dengan dinding yang agak tinggi agar suasana yang tercipta lebih luas dan lega.

6. Gunakan tangga multifungsi di dalam kolam

Daripada membuat dek untuk tempat duduk di pinggir kolam, sebaiknya gunakan saja tangga yang mengarah ke dalam kolam renang. Selain memberikan ilusi kolam terlihat dalam, tangga ini juga bisa digunakan sebagai tempat duduk ketika hanya ingin bersantai di dalam kolam.

Penggunaan tangga bisa dilakukan di salah satu sisi kolam. Pastikan desain tangga dibuat dengan aman. Jangan membuat tangga dengan warna yang tak kasat mata. Hal ini bisa menyebabkan kecelakaan ringan di kolam renang.

7. Fokus pada penambahan dekorasi

Sebaiknya fokus pada penambahan dekorasi di sekitar kolam renang saja. Hal ini bisa menjadi salah satu cara menghemat pengeluaran untuk biaya pembangunan. Buat kolam renang dengan bentuk yang simpel. Kemudian fokus pada dekorasi di sekitar kolam agar terlihat menarik.

Kini membuat kolam renang kecil di belakang rumah minimalis tidak lagi terkesan sulit. Anda bisa mengikuti tips dan langkah pembuatan di atas. Pilih konsep kolam renang yang sesuai dengan kondisi rumah, luas kolam, dan juga budget yang tersedia.

Jika Anda berkeinginan membangun Kolam Renang Kecil di Belakang Rumah Minimalis, bisa ke Bintoro Pool untuk mendapatkan layanan terbaik dari ahli pembuatan kolam renang profesional. Segera hubungi Call Center kami di 150130 atau WA ke 0822-1000-6070 untuk berkonsultasi dengan tim kami hari ini!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archive
June 2024
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930