Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
Jenis Chemical Kolam Renang untuk Perawatan Kolam Renang
Beranda Blog Jenis Chemical Kolam Renang untuk Perawatan Kolam Renang
Chemical Kolam Renang
10 Jan 2024  /  by Web Admin   /   0 Comments

Jenis Chemical Kolam Renang untuk Perawatan Kolam Renang

Chemical kolam renang atau obat kimia untuk kolam renang merupakan hal yang paling penting untuk perawatan kolam renang. Obat kimia ini berfungsi sebagai komponen pembersih kolam renang untuk menjaga airnya agar tetap jernih.

Berikut beberapa jenis chemical ampuh yang bisa digunakan untuk perawatan kolam renang.

Daftar Isi

7 Jenis Chemical Kolam Renang yang Ampuh untuk Menjernihkan Air

1. Soda Ash

Chemical Kolam Renang
Image from google

Obat kimia untuk kolam renang yang satu ini berfungsi sebagai obat pembersih untuk menaikkan pH air. Kualitas air kolam renang dipengaruhi oleh kadar pH, jika di bawah batas normal maka akan menyebabkan kualitasnya menurun di saat terkena air tambahan.

Untuk penggunaan obat pembersih ini, sangat disarankan ketika sirkulasi air jalan. Hal ini dikarenakan jalannya sirkulasi air dapat membantu meratakan soda dalam waktu yang lebih cepat. 

2. PAC

PAC
Image from google

Poly Aluminum Chloride (PAC) merupakan salah satu bahan kimia untuk membersihkan kolam renang. Cara kerjanya yaitu mengikat kotoran air kolam renang hingga mengendap ke dasar kolam renang tersebut.

Penggunaan jenis chemical yang satu ini akan sangat membantu dalam proses perawatan kolam renang. Hal ini dikarenakan seluruh kotoran yang sudah mengendap di dasar kolam dapat diangkat sekaligus menggunakan vakum.

3. Chlorine

Chlorine
Image from google

Chlorine atau kaporit bubuk  60% merupakan salah satu jenis chemical kolam renang yang efektif untuk menjernihkan air. Kegunaan kaporit bubuk sebagai obat chemical yaitu untuk membunuh segala kuman, virus, dan bakteri di dalam air kolam.

Dengan menggunakan obat kimia yang satu ini, Anda juga bisa menjernihkan air kolam renang serta menaikkan pH air.

4. Chlorine Granular

Chlorine Granules
Image from google

Chlorine granular 90% merupakan salah satu obat pembersih kolam renang yang berfungsi meningkatkan kadar klorin di dalam air kolam renang. Bentuk klorin yang satu ini menyerupai butiran kecil yang dikenal dengan granular. Kandungan klorin yang tinggi di obat kimia ini dapat membantu meningkatkan kadar klorin dengan lebih cepat.

5. Chlorine TCCA

Chemical Kolam Renang
Image from iherphotography on freepik

Obat kimia yang satu ini termasuk salah satu chemical kolam renang untuk menjaga air jernih. Obat pembersih yang satu ini berbentuk tablet yang mengandung klorin sebesar 90%. 

Fungsi Chlorine TCCA yaitu untuk menjaga pH air dan kadar klorin agar tetap stabil. Dengan ini, maka air kolam renang akan dalam kondisi yang jernih dan juga biru bersih. 

6. HCI

Chemical Kolam Renang
Image from google

Obat pembersih kolam renang yang satu ini sering digunakan sebagai treatment awal dalam perawatan kolam renang. Fungsinya untuk membuat pH air kolam renang tetap stabil agar airnya tidak mudah keruh dan tetap jernih. 

7. Copper Sulphate

Copper Sulphate
Image from verywellhealth.com

Copper Sulphate atau Trussi adalah jenis chemical yang berfungsi mencegah pertumbuhan alga atau lumut di kolam renang. Selain itu, pemberian bahan kimia ini juga untuk menjernihkan air dan memberikan warna biru pada air kolam renang. 

Faktor-faktor yang Menentukan Takaran Chemical

Chemical Kolam Renang
Image from evgeniasheidt on freepik

1. Kolam Renang Berwarna Hijau

Untuk kolam renang yang sudah berwarna kehijauan membutuhkan takaran chemical yang lebih banyak. Air kolam berwarna hijau menunjukkan bahwa kolam renang sudah dipenuhi dengan kotoran. 

Adapun untuk pemberian takaran obat pembersihnya dapat disesuaikan dengan seberapa luas kolam renang dan seberapa parah kotorannya.

2. Kolam Renang yang Memiliki Kabut

Kabut dalam kolam renang disebabkan oleh pertumbuhan alga, sehingga membutuhkan banyak chemical. Pemberian obat pembersih untuk perawatan kolam renang yang berkabut akan lebih banyak dibandingkan air kolam renang dengan air yang jernih.

3. Penambahan Air Sumur

Faktor selanjutnya yang mempengaruhi takaran chemical yang tepat yaitu adanya penambahan air. Penambahan air sumur atau air baru lainnya dapat mempengaruhi ketentuan takaran chemical yang dibutuhkan oleh kolam renang tersebut.

Percampuran atau penambahan air baru ini menyebabkan kadar klorin di dalam air menjadi menurun. Maka dari itu, dibutuhkan takaran granular yang lebih banyak untuk mengatasinya.

4. Kolam Renang Baru

Untuk kolam renang yang baru jadi membutuhkan lebih banyak chemical karena proses treatment awal air kolam renang. Ketentuan takaran chemical yang dianjurkan memiliki perbedaan signifikan dengan takaran untuk perawatan secara rutin.

5. Ukuran Kolam Renang

Penentuan takar chemical juga ditentukan oleh ukuran kolam renang tersebut. Kolam renang yang berukuran besar akan membutuhkan lebih banyak chemical, begitu juga dengan sebaliknya.

Tips Perawatan Kolam Renang Agar Tetap Bersih

Chemical Kolam Renang
Image from bignai on freepik

1.Gunakan Chemical untuk Perawatan Rutin

Penggunaan chemical kolam renang yang bagus secara rutin merupakan langkah awal untuk menjaga kebersihan kolam renang. Chemical atau obat kolam renang dibagi menjadi beberapa jenis yang dapat Anda pilih sesuai kondisi air kolam.

Selain menjaga kebersihan kolam renang, penggunaan chemical juga bertujuan untuk menjaga kualitas air dan kandungan klorin serta pH air tersebut. Pembersihan air kolam renang dapat Anda lakukan 2 minggu sekali secara rutin.

2. Minimalisir Pertumbuhan Alga atau Lumut

Cara meminimalisir atau menghambat pertumbuhan alga atau lumut yaitu dengan menghalangi air kolam renang terkena sinar matahari secara langsung. Caranya yaitu menanam banyak pohon di sekitar area kolam untuk menghalangi sinar matahari tersebut.

Selain itu, penanaman pohon juga dapat menekan pertumbuhan alga atau lumut karena oksigen yang dihasilkan saat siang hari.

3. Gunakan Penyaring untuk Menyaring Kotoran

Sand Filter merupakan salah satu penyaring yang bisa digunakan untuk menyaring kotoran di air kolam renang. Dengan menggunakan filter ini, Anda bisa membuat kualitas air semakin meningkat. 

4. Bersihkan Filter Secara Rutin

Untuk menjaga kinerja filter tetap maksimal, maka lakukanlah pembersihan filter dengan rutin. Filter yang sering dibersihkan akan lebih tahan lama dan dapat menyaring kotoran dengan lebih baik. Anda bisa membersihkannya setiap satu minggu sekali.

5. Gunakan Alat Penyaring Manual

Anda bisa membersihkan kolam renang secara manual dengan bantuan alat penyaring seperti vacum head, pool brush, d leaf skimmer, dsb. Alat penyaring manual dapat membantu Anda membersihkan daun-daun kering di kolam renang.

6. Bersihkan Kerak di Dinding

Selain membersihkan air kolam renang dengan chemical kolam renang terbaik, pastikan juga membersihkan kerak-kerak yang ada di dinding kolam. Anda bisa menyikat bagian dinding yang berkerak  saat mengganti air kolam.

7. Nyalakan Pompa Kolam Renang Dengan Rutin

Pompa kolam perlu dinyalakan minimal 6 jam setiap harinya secara rutin. Ini dilakukan agar sirkulasi air kolam tetap berjalan dengan baik. Selain itu, pompa kolam juga membantu filter menyaring debu dan kotoran.

8. Lakukan Perawatan Secara Rutin

Agar kondisi kolam renang tetap baik dan nyaman digunakan, Anda perlu melakukan perawatan total setiap bulannya. Perawatan bulanan perlu dilakukan untuk menjaga kualitas air dan kebersihan kolam renang.

Demikianlah beberapa penjelasan tentang chemical kolam renang yang digunakan untuk membersihkan kolam renang. Saat ingin membersihkan kolam renang, pastikan Anda memilih jenis chemical yang tepat dan takaran yang sesuai dengan kondisi air. Jangan lupa melakukan perawatan kolam renang secara rutin agar nyaman digunakan. Bila butuh bantuan untuk merawat kolam renang, hubungi Bintoro Pool solusinya! 

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archive
June 2024
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930