Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
Kolam Renang Skimmer: Ciri, Kelebihan Hingga Perawatannya
Beranda Blog Kolam Renang Skimmer: Ciri, Kelebihan Hingga Perawatannya
Kolam Renang Skimmer
17 Jan 2024  /  by Web Admin   /   0 Comments

Kolam renang skimmer merupakan jenis sirkulasi kolam renang yang sering digunakan untuk kolam renang yang dibangun di lahan sempit. Sistem sirkulasi skimmer adalah sistem sirkulasi yang banyak digunakan karena lebih sederhana dibandingkan yang lain. Simak ciri-ciri kolam skimmer sebagai berikut.

Daftar Isi

Ciri-Ciri Kolam Renang Skimmer

1. Elevasi Air yang Stabil dan Tetap

Elevasi Air Stabil
Image: lifeforstock - freepik.com

Jika Anda melihat air kolam renang yang tingginya sedang atau lebih rendah dibanding dinding kolam renang, maka kolam tersebut menggunakan sistem sirkulasi skimmer. Elevasi air jenis kolam renang satu ini cenderung lebih stabil dan tetap dengan ketinggian air sekitar 5-10cm.

2. Tidak Terdapat Gutter

Tidak terdapat gutter
Image: lifeforstock - freepik.com

Ciri dan karakteristik selanjutnya adalah tidak memiliki saluran air atau yang biasa disebut dengan skimmer. Gutter hanya terdapat dijenis kolam renang dengan sistem sirkulasi overflow di bagian sisi atau kanannya.

3. Ada Kotak Skimmer

Ada Kotak Skimmer
Image: thespruce.com

Kotak skimmer atau skimmer box merupakan suatu komponen yang terdapat di sistem kolam renang dengan sirkulasi skimmer. Kotak skimmer ini terletak di bagian pojok atau tengah kolam renang yang berwarna putih. Ketinggian air kolam renang dengan sistem sirkulasi skimmer tidak lebih tinggi dari skimmer box.

Kelebihan Sistem Skimmer Box Kolam Renang

Kolam Renang Skimmer
Image: albixon.com

Setiap sistem sirkulasi kolam renang memiliki karakteristik dan kelebihannya masing-masing. Sebagai sistem sirkulasi yang paling sederhana dan banyak digunakan untuk kolam renang, skimmer box memiliki kelebihannya yaitu sebagai berikut:

1. Model yang Sederhana

Jenis kolam renang skimmer memiliki model yang sederhana sehingga lebih mudah dibuat. Kolam skimmer akan memudahkan Anda dalam pembuatan desain, karena tidak membutuhkan tambahan desain tertentu seperti jenis kolam renang lainnya.

Sistem skimmer box juga sangat disarankan bagi Anda yang ingin membuat konsep kolam renang minimalis untuk di rumah.

2. Mudah Dibuat

Tipe kolam skimmer biasanya tidak membutuhkan gutter, maka dari itu proses pembuatannya lebih mudah. Selain lebih mudah, waktu pembuatannya juga lebih cepat karena desain yang lebih sederhana dibandingkan tipe kolam renang yang lain.

Hal ini lah yang membuat orang lebih banyak yang membuat jenis sirkulasi skimmer untuk membuat kolam renang. Dengan ini, mereka tidak perlu membangun gutter dalam pembuatan kolam renangnya.

3. Tidak Perlu Lahan yang Luas

Untuk membangun kolam renang dengan model skimmer, Anda tidak membutuhkan lahan yang luas. Jenis kolam renang ini cocok untuk Anda yang ingin membangun kolam renang dengan konsep minimalis karena instalasinya diolah secara langsung.

Maka dari itu, Anda tidak perlu khawatir dengan ruang yang lebih sempit untuk membangun kolam renang. Pemilihan instalasi skimmer merupakan keputusan yang terbaik.

4. Perawatan Lebih Mudah

Sistem kolam skimmer lebih mudah untuk dirawat, dibandingkan sistem sirkulasi lainnya seperti overflow maupun semioverflow. Oleh karena itu, Anda bisa melakukan perawatan rutin bulanan dengan mudah jika menggunakan jenis kolam renang yang satu ini.

Untuk perawatan kolam renang ini, dibutuhkan alat perawatan khusus agar kolam renang dapat dibersihkan secara menyeluruh. Oleh karena itu, saat melakukan perawatan pastikan telah menyiapkan segala alat yang dibutuhkan.

Tips Perawatan Kolam Renang Skimmer yang Mudah

Perawatan tipe kolam renang dengan sirkulasi skimmer lebih mudah untuk dilakukan. Untuk perawatannya, gunakan peralatan seperti test kit, leaf skimmer, chemical, pool brush, vacuum hose dan vacuum head.

Teknik perawatannya juga tidak boleh dilakukan dengan asal, simak tips perawatannya berikut ini:

1. Bersihkan Sampah dan Daun di Permukaan Air

Kolam Renang Skimmer
Image: formatoriginal - freepik.com

Gunakan leaf skimmer untuk membersihkan sampah dan daun yang terlihat di permukaan air kolam renang. Pastikan untuk tidak melewatkan kotoran yang ada di permukaan kolam renang tersebut.

Membersihkan sampah dan daun di kolam renang dengan sirkulasi skimmer cenderung lebih mudah. Hal ini dikarenakan airnya tetap dan juga lebih stabil. Maka dari itu, untuk membersihkannya tidak membutuhkan waktu yang lama dengan alat perawatan yang ada.

2. Sikat Permukaan Kolam

Sikat permukaan kolam
Image: kukota - freepik.com

Tips pembersihan kolam skimmer selanjutnya yaitu dengan menyikat setiap bagian permukaan kolam. Gunakan alat pembersih yaitu pool brush untuk membersihkan permukaan dinding kolam renang sampai bersih.

Pool brush merupakan alat pembersih ampuh dengan bulu sikat yang kuat dan pegangan panjang untuk membersihkan noda di permukaan kolam. Alat perawatan kolam renang yang satu ini dapat menjangkau segala noda yang ada di permukaan kolam.

3. Berikan Takaran Chemical Sesuai Kondisi Air

Kolam Renang Skimmer
Image: evgeniasheidt - freepik.com

Chemical atau obat kolam renang merupakan bahan kimia yang bertugas membersihkan air kolam renang agar tidak hijau atau berkabut. Untuk jenis chemical yang dipilih, dapat disesuaikan dengan kondisi air kolam renang tersebut.

Umumnya jenis obat pembersih kolam renang yang paling sering digunakan adalah  terusi, PAC, kaporit, HCL, chlorine, dan soda ash. Untuk takaran dosisnya juga disesuaikan dengan kebutuhan air kolam renang tersebut.

4. Periksa Kadar Chemical

Kolam Renang Skimmer
Image: iherphotography - freepik.com

Untuk memeriksa kadar chemical yang akurat, Anda membutuhkan alat yang disebut test kit. Pengecekannya dilakukan setelah melihat perubahan kadar air kolam renang setelah diberi obat kolam renang. 

Dengan test kit, Anda bisa menguji kandungan zat besi, keasaman, dan pH air di dalam kolam renang tersebut. Bagi Anda yang merupakan seorang pemula dalam merawat kolam renang, minta rekan terdekat atau orang berpengalaman untuk memeriksa kadar chemical.

5. Vakum Kolam Renang

Vakum kolam renang
Image: galitskaya - freepik.com

Tahap selanjutnya untuk perawatan kolam skimmer yang tepat yaitu proses vakum. Gunakan alat vakum yang telah disiapkan untuk menyedot endapan yang ada di dasar kolam hingga merata.  

Biasanya setiap alat vakum sudah dilengkapi dengan roda di bagian kepalanya. Sehingga hal ini akan lebih memudahkan Anda untuk menggerakkannya saat membersihkan setiap bagian yang ada di dasar kolam.

6. Lakukan Proses Backwashing

Kolam Renang Skimmer
Image: nothincreative.com

Proses ini dilakukan untuk filter atau penyaring kolam renang yang sudah lama tidak dicuci. Backwashing merupakan metode membersihkan filter dengan teknik tertentu di tuas filter.

Pembersihan dengan backwashing akan membuat tabung filter kembali bersih, sehingga lebih optimal lagi dalam menyaring kotoran di dalam kolam renang. Pastikan Anda melakukan pembersihan filter secara rutin agar performanya tetap baik.

7. Bersihkan Peralatan Pembersih dan Menyimpannya

Kolam Renang Skimmer
Image: iherphotography - freepik.com

Setelah selesai membersihkan seluruh kolam renang, selanjutnya Anda bisa membersihkan peralatan yang digunakan. Bersihkan hingga tidak meninggalkan kotoran atau noda yang tersisa, setelah itu simpan di tempat penyimpanan yang aman.

Perawatan kolam skimmer memang lebih mudah dibandingkan dengan kolam renang dengan sistem sirkulasi yang lain. Namun begitu, pastikan Anda lebih berhati-hati saat memberikan obat kolam renang dan juga pemeriksaan dengan test kit. Hal ini dikarenakan keduanya harus dilakukan oleh ahlinya agar mendapatkan hasil yang akurat.

Demikian beberapa ciri kolam renang skimmer yang perlu diketahui sebagai pembeda dengan kolam renang dengan sistem sirkulasi lainnya. Agar lebih jelas, perhatikan kelebihan tipe kolam renang ini dibandingkan dengan tipe kolam renang yang lain. Jangan lupa melakukan perawatan secara rutin agar kolam renang tahan lama dan lebih nyaman untuk digunakan.

Dan apabila Anda ingin kolam renang kesayangannya Anda terawat secara maksimal tanpa perlu repot, Anda bisa bekerja sama dengan Bintoro Pool untuk mendapatkan layanan terbaik dari jasa perawatan kolam renang yang profesional. Hubungi  Call Center kami di 150130 untuk berkonsultasi dengan tim kami hari ini juga!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *