Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
Biaya Perawatan Kolam Renang, Apa Saja yang Mempengaruhinya?
Beranda Blog Biaya Perawatan Kolam Renang, Apa Saja yang Mempengaruhinya?
Biaya Perawatan Kolam Renang
28 Dec 2023  /  by Web Admin   /   0 Comments

Biaya perawatan kolam renang merupakan salah satu hal yang sering dipertimbangkan sebelum seseorang memiliki sebuah kolam renang. Hal ini dikarenakan kolam renang memang membutuhkan perawatan rutin untuk menjaganya tetap bersih, nyaman, aman dan dapat digunakan dalam waktu yang lama.

Biaya yang diperlukan untuk merawat kolam renang tentu akan berbeda-beda sebab dipengaruhi oleh banyak faktor. Baca selengkapnya penjelasan di bawah ini untuk mengetahui apa saja yang mempengaruhi biaya perawatan kolam renang.

Daftar Isi

Faktor yang Mempengaruhi Biaya Perawatan Kolam Renang

Banyak faktor yang mempengaruhi biaya pemeliharaan kolam. Memahami faktor-faktor ini dapat membantu para pemilik kolam renang untuk mengantisipasi dan mengelola biaya pemeliharaan kolam secara efektif.

Jenis Kolam Renang

Jenis Kolam
Image by: Lifeforstock on Freepik

Faktor pertama yang mempengaruhi biaya perawatan kolam renang adalah jenis kolam renang. Berbagai jenis kolam, seperti kolam di dalam tanah (in ground) dan di atas tanah (above ground) memiliki biaya pemeliharaan yang berbeda. 

Kolam renang in ground merupakan pilihan kolam yang lebih populer tetapi perawatannya bisa lebih mahal daripada kolam renang above ground. Perawatan kolam renang in ground juga seringkali lebih rumit karena ukurannya yang lebih besar dan sifatnya yang permanen. 

Hal ini menjadikan kolam renang in ground umumnya memerlukan investasi yang lebih besar dalam bahan kimia pembersih dan pemeliharaan peralatan. Sedangkan kolam renang above ground biasanya memiliki biaya pemeliharaan yang lebih rendah karena konstruksinya yang lebih mudah.

Ukuran kolam

Ukuran Kolam
Image by: Freepik

Kolam yang lebih besar biasanya memerlukan biaya perawatan yang lebih tinggi dibandingkan kolam yang lebih kecil. Dengan lebih banyak air yang harus digunakan dan diolah, maka kolam renang yang lebih besar membutuhkan lebih banyak bahan kimia sehingga biaya untuk pengadaan bahan kimia juga menjadi tinggi.

Kolam yang lebih besar juga memerlukan filter yang lebih kuat, sehingga menyebabkan biaya tagihan listrik menjadi lebih tinggi. Oleh karena itu, jika Anda memiliki kolam renang dengan ukuran yang besar, penting untuk diingat bahwa Anda perlu berinvestasi lebih banyak pada bahan kimia dan peralatan dibandingkan ketika Anda memiliki kolam renang dengan ukuran yang lebih kecil.

Bahan Kolam Renang

Bahan Kolam
Image by: Topntp26 on Freepik

Material kolam renang terbilang cukup beragam, mulai dari beton, fiberglass, atau vinil. Masing-masing material ini memiliki karakteristik yang berbeda-beda yang menentukan kebutuhan pemeliharaan yang berbeda pula yang pasti berdampak pada biaya perawatan kolam renang. 

Secara umum, kolam renang beton adalah yang paling mahal perawatannya karena rentan terhadap pertumbuhan alga dan harus sering dibersihkan. Sedangkan kolam vinil lebih mudah dibersihkan tetapi terkadang cepat robek/ rusak yang berarti lapisannya perlu ditambal atau diganti. Sementara kolam renang fiberglasss yang merupakan bahan termurah dan paling sederhana perawatannya namun biaya perbaikan dan penggantian lapisan fiberglass yang rusak cukup mahal.

Jenis Bahan Kimia

Biaya Perawatan Kolam Renang
Image by: Nazarov.dnepr on Depositphotos

Faktor penting lain yang mempengaruhi biaya perawatan kolam renang adalah jenis bahan kimia yang digunakan untuk menjaga kebersihan kolam. Para pemilik kolam renang yang tidak ingin menggunakan bahan kimia seperti klorin, biasanya memilih sistem kolam air asin menggunakan garam (tradisional).

Klorin biasanya merupakan bahan yang relatif hemat biaya dan paling mudah digunakan. Hanya saja terkadang banyak gejala kesehatan yang umumnya terkait dengan kolam yang dirawat secara kimia, seperti iritasi mata sehingga menghalangi seseorang untuk tidak menggunakan klorin.

Sedangkan garam adalah yang termurah namun memerlukan peralatan khusus agar dapat berfungsi dengan benar. Selain itu, sistem kolam renang asin (garam/ tradisional) juga lebih sulit untuk dikerjakan.

Jenis Filter

Biaya perawatan kolam renang murah
Image by: Pixabay

Jenis filter juga memiliki peran besar dalam menentukan biaya perawatan kolam Anda. Filter pasir adalah yang paling umum karena mudah digunakan dan dapat digunakan di kolam yang memiliki ukuran lebih besar. Filter pasir juga hanya perlu mengganti pasirnya jika tidak dapat lagi menghasilkan air bersih

Sedangkan filter DE juga sering digunakan pada kolam renang yang besar tetapi penggunaannya lebih rumit karena filter ini memerlukan sejumlah bubuk diatomaceous earth sebagai media filternya setiap saat untuk bekerja secara efisien. Filter DE perlu diganti saringannya jika tidak dapat lagi menahan bubuk. Jenis filter yang terakhir adalah filter cartridge. Jenis filter ini adalah yang termurah tetapi hanya dapat digunakan pada kolam yang lebih kecil. Kolam yang lebih besar akan membutuhkan cartridge yang sangat besar sehingga akan lebih hemat biaya dan efisien untuk meningkatkan ke filter pasir atau filter DE.

Tips Menghemat Biaya Perawatan Kolam Renang

Biaya perawatan kolam renang mungkin terdengar cukup mahal bagi kebanyakan orang karena ada banyak komponen yang perlu dipelihara dengan baik. Akan tetapi, ada langkah-langkah cerdas yang bisa Anda lakukan untuk lebih menghemat biaya pemeliharaan kolam renang. Berikut adalah beberapa tips untuk membantu Anda mengurangi biaya perawatan kolam renang Anda:

Pembersihan Reguler

Perawatan kolam renang murah
Image by: Pixabay

Membersihkan kolam renang salah satu hal terpenting yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kualitas air kolam renang dan mencegah timbulnya masalah pada kolam renang. Jangan sampai Anda lupa untuk melakukan pembersihan reguler secara rutin, yang meliputi mengangkat kotoran/ sampah yang mengambang atau yang berada di dasar air menggunakan leaf skimmer, menyedot debu di dasar/ dinding/ tangga kolam, membersihkan filter dan mencuci kembali bila perlu, periksa kebocoran dsb. 

Dengan merawatnya secara teratur, iini akan membantu menjaga peralatan tetap beroperasi secara efisien dan menghindari perawatan yang mahal di masa depan.

Pertahankan Kimia Air yang Tepat

Biaya Perawatan Kolam Renang
Image by: istockphoto

Anda perlu menguji dan menyeimbangkan kimia air kolam secara teratur untuk menjaga kolam Anda tetap bersih, jernih, dan aman bagi perenang. Kimia air kolam yang tepat juga akan mencegah bau dan pertumbuhan bakteri, serta memastikan logam tidak menumpuk di dalam pipa. Hal ini juga memastikan Anda tidak membuang-buang uang untuk menyesuaikan kimia air yang tidak perlu.

Gunakan Penutup Kolam Renang

Biaya Perawatan Kolam Renang
Image by: istockphoto

Tips terakhir untuk menghemat biaya perawatan kolam renang adalah dengan memasang penutup kolam. Cara ini membuat Anda harus mengeluarkan biaya awal pemasangan, tetapi akan sangat menguntungkan kedepannya. Penutup kolam membantu meminimalkan penguapan air, sehingga mengurangi frekuensi pengisian ulang air dan penyesuaian bahan kimia. Selain itu, keberadaannya penutup kolam juga mencegah kotoran jatuh ke dalam kolam sehingga mengurangi upaya pembersihan.

Itulah tips-tips untuk menghemat biaya perawatan kolam renang. Pada dasarnya, biaya kolam renang dipengaruhi oleh banyak faktor dan biayanya bisa relatif murah untuk inspeksi dan pembersihan rutin. Di sisi lain, biaya perawatan kolam renang akan lebih mahal jika ada peralatan yang rusak dan harus dilakukan penggantian.

Untuk mengetahui biaya perawatan kolam renang yang lebih akurat sesuai dengan spesifikasi dan kondisi kolam renang Anda, Anda bisa menghubungi Bintoro Pool di call center 150130 atau WhatsApp 0822 1000 6070!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *