Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
Cara Merawat Kolam Renang yang Perlu Dilakukan Secara Rutin
Beranda Blog Cara Merawat Kolam Renang yang Perlu Dilakukan Secara Rutin
Cara Merawat Kolam Renang
03 Jan 2024  /  by Web Admin   /   0 Comments

Merawat kolam renang adalah bagian penting saat Anda memilikinya. Cara merawat kolam renang pun tidak sesulit yang diyakini banyak orang, tetapi juga bisa menjadi pekerjaan yang rumit bagi yang tidak memiliki pengetahuan apapun tentang kolam renang. 

Nah, baik Anda pemilik kolam renang baru atau sedang mempertimbangkan untuk memasangnya, berikut adalah dasar-dasar cara merawat kolam renang yang harus Anda ketahui.

Daftar Isi

Perlengkapan Perawatan Kolam

Perlengkapan Perawatan Kolam
Image by: Iherphotography on Freepik

Terdapat berbagai alat dan perlengkapan penting yang perlu Anda miliki saat merawat kolam renang Anda. Beberapa alat tersebut diantaranya yaitu:

Cara Merawat Kolam Renang yang Perlu Diketahui

Dan berikut langkah-langkah perawatan kolam renang yang perlu Anda ketahui dan lakukan secara rutin.

Gunakan Leaf Skimmer untuk Mengangkat Kotoran

Cara Merawat Kolam Renang
Image by: Boswell on Freepik

Salah satu peralatan kebersihan kolam renang yang harus Anda miliki adalah leaf skimmer yang berfungsi untuk mengangkat atau menyaring kotoran seperti sampah daun, plastik, serangga, dsb dari kolam renang. Sebaiknya lakukan pengangkatan kotoran menggunakan leaf skimmer ini sesering mungkin, terutama saat kotoran masih terlihat mengambang di permukaan air. 

Apabila kotoran sudah terlanjur di dasar air, maka tentu akan membutuhkan energi dan waktu ekstra untuk membersihkannya. Pengangkatan kotoran menggunakan leaf skimmer ini juga akan mempermudah proses penyedotan debu pada kolam renang.

Sikat Interior Kolam

Sikat Interior Kolam
Image by: Freepik

Gunakan sikat kolam untuk menggosok dinding, lantai, dan tangga kolam renang secara teratur. Cara ini dapat membersihkan ganggang dan mengangkat kotoran yang menempel sehingga dapat menjaga kebersihan interior kolam renang Anda. Sebaiknya nyalakan pompa saat Anda menyikat agar kotoran dapat masuk ke dalam filter dan dikeluarkan dari air.

Sedot Debu di Kolam

Cara Merawat Kolam Renang
Image by: Galitskaya on Freepik

Setelah Anda mengangkat kotoran menggunakan leaf skimmer dan menyikat permukaan interior, biasanya masih akan ada kotoran (berukuran kecil/ debu) yang tertinggal di kolam renang. Oleh karena itu, pastikan untuk menyedot debu kolam dan membersihkan kotoran secara menyeluruh menggunakan mesin vakum kolam renang. 

Arahkan penyedot debu secara perlahan ke sepanjang permukaan lantai, dinding, atau tangga kolam renang dan pastikan penyedot debu tetap bersentuhan dengan permukaan. Selain itu, penting juga untuk memberikan perhatian khusus pada area yang minim sirkulasi karena di area tersebut merupakan tempat favorit untuk pertumbuhan ganggang.

Mencuci Filter

Mencuci Filter
Image by: Welcomia on Freepik

Filter kolam renang memiliki 3 jenis yaitu, cartridge, pasir dan DE (diatomaceous earth). Meskipun terdapat prosedur perawatan yang berbeda untuk setiap jenis, semuanya memerlukan pembersihan berkala tergantung pada jenis filter dan seberapa sering kolam digunakan.

Uji Air Kolam

Cara Merawat Kolam Renang
Image by: Evgeniasheidt on Freepik

Cara merawat kolam renang selanjutnya adalah pengujian kadar kimia dalam air kolam. Pengujian air kolam renang bertujuan untuk memeriksa kadar bahan kimia yang ada di dalam air kolam renang. Hal ini perlu dilakukan setidaknya seminggu sekali agar kolam renang Anda tetap sehat untuk berenang. Di pasaran terdapat berbagai alat tes kolam yang dapat digunakan untuk mengetahui tingkat pH dan klorin. Biasanya petunjuk penggunaan sudah termasuk ke dalam paket pembelian. 

Cara menguji kadar kimia kolam secara singkat yaitu Anda perlu mencelupkan strip tes ke dalam air dan bandingkan hasilnya dengan grafik. Pembacaan pH memberitahu Anda seberapa kadar asam dalam air kolam Anda. Kadar pH ideal harus berada pada kisaran 7,2 dan 7,6 untuk mencegah air keruh dan bahkan iritasi mata.

Selain memeriksa pH, Anda juga perlu menguji kadar klorin. Klorin atau yang dikenal dengan istilah kaporit tidak hanya berfungsi sebagai zat penjernih air kolam renang, tetapi juga membunuh bakteri dan membersihkan kotoran dalam air. Kadar klorin harus pada di antara 1 dan 4 ppm. 

Jika level klorin sedikit lebih tinggi, Anda tidak perlu khawatir karena klorin dapat terbakar oleh matahari. Penting diingat pula, bahwa sebelum melakukan pengujian pH dan klorin, sebaiknya cuci filter Anda terlebih dahulu.

Tambahkan Klorin Ke Kolam

Cara Merawat Kolam Renang
Image by: Evgeniasheidt on Freepik

Jika kadar klorin Anda di bawah level ideal, maka Anda perlu menambahkan klorin. Ada beberapa cara untuk melakukannya. Ada klorin cair, klorin bubuk, dan klorin tablet. Untuk cara penggunaannya, Anda bisa mengikuti petunjuk yang biasanya tercantum pada kemasan.

Itulah beberapa cara merawat kolam renang yang cukup mudah untuk Anda lakukan sendiri. Dengan rutin melakukan berbagai treatment di atas, maka kolam renang Anda pun bisa tetap dalam kondisi prima untuk digunakan berenang dan lebih tahan lama.

Bagaimana Jika Terlalu Sibuk dan Tidak Memiliki Waktu untuk Merawat Kolam Renang?

Tidak sedikit pemilik hunian dengan kolam renang yang terlalu sibuk, tidak memiliki waktu, atau tidak memiliki pekerja khusus untuk merawat kolam renangnya sendiri. Jika memang demikian, maka Anda bisa memanggil teknisi jasa perawatan kolam renang sebagai solusi praktis agar kolam renang Anda tetap jernih dan bersih setiap saat.

Kami – Bintoro Pool menyediakan layanan perawatan kolam renang yang unggul dan menawarkan harga yang bersaing. Kami memiliki tim yang ahli yang berpengalaman dalam industri kolam renang, serta didukung oleh peralatan modern nan canggih yang mampu meningkatkan efektivitas kinerja perawatan kolam.

Jika Anda tertarik, Anda bisa menghubungi kontak kami di nomor 0822 1000 6070 / call center 150130 untuk mendapatkan layanan konsultasi gratis dan info lebih lanjut mengenai jasa perawatan kolam renang terbaik!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *