Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
7 Kelebihan Kolam Renang Outdoor di Halaman Rumah
Beranda Blog 7 Kelebihan Kolam Renang Outdoor di Halaman Rumah
Kolam Renang Outdoor
24 Jan 2024  /  by Web Admin   /   0 Comments

7 Kelebihan Kolam Renang Outdoor di Halaman Rumah

Bingung ingin membangun kolam renang outdoor atau indoor? Artikel berikut ini bisa dijadikan sebagai bahan pertimbangan untuk Anda. Berbagai informasi mengenai kelebihan dan cara merawat kolam renang akan kami bagikan khusus untuk Anda. Simak lebih lengkap dalam tulisan di bawah ini.

Daftar Isi

7 Kelebihan Kolam Renang Outdoor di Halaman Rumah

Kolam Renang Outdoor
Image: Enis Yavuz - Unsplash

1. Ruang lebih luas

Kolam renang yang terletak di luar ruangan memiliki ruang yang lebih luas. Tak ada batas yang menghalangi jarak pandang. Hal ini akan membuat Anda lebih leluasa dalam menggunakan kolam renang.

Ruang yang lebih luas ini juga akan mempengaruhi ruang gerak. Dengan kolam renang yang berada di lokasi outdoor, ruang gerak akan semakin bebas. Anda tidak akan merasa dibatasi oleh tembok ataupun dinding yang menghalangi ketika bergerak.

2. Suasana menyegarkan

Membangun kolam renang outdoor di rumah akan membuat suasana menjadi terlihat menyegarkan. Terutama jika membangun di halaman belakang dan ditambah dekorasi tambahan seperti tanaman atau bebatuan alam.

Suasana seperti ini tidak bisa didapatkan dari kolam renang indoor. Sebab, cahaya matahari juga berperan besar dalam menciptakan suasana segar dan fresh. Oleh sebab itu, kolam renang lokasi outdoor akan terasa jauh lebih menyegarkan dan fresh.

3. Pembangunan lebih mudah

Pembangunan kolam renang di luar ruangan akan jauh lebih mudah. Hal ini disebabkan karena ruang yang tak terbatas. Tak hanya itu, Anda juga tidak perlu memikirkan bagaimana melindungi ruangan lain ketika pembangunan kolam dilaksanakan.

Dengan begitu, pembangunan akan menjadi lebih mudah. Tak perlu mengubah tatanan dalam rumah. Cukup dengan menentukan lokasi yang pas di luar ruangan, proses pembuatan kolam dapat berjalan dengan minim hambatan.

4. Meningkatkan nilai bangunan

Membangun kolam renang di halaman rumah mampu meningkatkan nilai bangunan. Rumah dengan kolam renang akan memiliki harga jual yang lebih tinggi. Hal ini berguna sewaktu-waktu jika Anda ingin menjual rumah tersebut.

Terutama jika kolam renang yang dibangun adalah kolam outdoor. Kolam renang ini akan lebih mudah untuk direnovasi dibandingkan dengan Kolam indoor. Hal tersebut bisa menjadi antisipasi jika pembeli tidak ingin ada kolam renang di rumahnya.

5. Terpapar langsung dengan udara luar

Akses oksigen kolam outdoor jauh lebih mudah. Anda tidak perlu membangun ventilasi tambahan untuk kolam outdoor. Sebab, kolam tersebut sudah terpapar langsung dengan udara dari luar. Hal ini juga menyebabkan biaya kolam renang outdoor menjadi sedikit lebih terjangkau.

Ketika membangun kolam indoor, maka akan memerlukan sistem sirkulasi udara tambahan. Tujuannya adalah agar ruangan tidak pengap. Hal ini tidak diperlukan jika membangun kolam outdoor.

6. Sarana relaksasi

Kolam outdoor merupakan salah satu sarana relaksasi di rumah. Anda bisa berenang sambil menikmati suasana langit. Hal ini akan memberikan kesan yang menyenangkan dan menenangkan bagi pemiliknya.

Suasana seperti ini hanya bisa tercipta jika kolam renang berada di luar ruangan. Jadi, kolam renang tidak hanya berfungsi sebagai sarana olahraga saja, melainkan juga sarana untuk relaksasi dan healing.

7. Tidak mengubah fondasi bangunan utama

Membangun kolam renang di luar ruangan tidak akan mengubah atau merusak fondasi bangunan utama rumah Anda. Terutama jika baru akan membangun kolam renang setelah rumah sudah selesai dibangun.

Hal ini berbeda dengan kolam renang indoor yang akan mempengaruhi bentuk utama rumah. Tentu hal tersebut akan berpengaruh juga terhadap biaya yang harus dikeluarkan untuk renovasi setelah pembuatan kolam selesai.

Tips Merawat Kolam Renang di Luar Ruangan

Kolam Renang Outdoor
Image: formatoriginal - freepik.com

Perawatan kolam renang di luar ruangan sudah pasti berbeda dengan kolam renang dalam ruangan. Berikut ini adalah tips dan cara merawat kolam renang outdoor:

1. Perhatikan volume air

Volume air harus menjadi perhatian utama ketika merawat kolam renang di luar ruangan. Volume atau debit air yang digunakan harus disesuaikan dengan jenis kolam yang dibuat. Jika membuat kolam renang overflow, maka debit harus lebih besar dari luas kolam.

Namun, jika kolam yang dibuat adalah kolam renang skimmer maka debit air tidak boleh melebihi luas kolam. Untuk mengontrol debit atau volume air, gunakan sistem sirkulasi yang tepat sesuai dengan jenis kolam.

2. Kontrol pertumbuhan lumut

Salah satu teknik perawatan kolam renang outdoor adalah dengan selalu mengontrol pertumbuhan lumut. Terutama jika material badan kolam menggunakan material yang mudah ditumbuhi oleh lumut.

Lumut berpengaruh besar pada penyebaran bakteri penyebab penyakit. Salah satu cara untuk menghambat pertumbuhan lumut adalah dengan memastikan pH air berada dalam kondisi konstan dan tidak berubah-ubah.

3. Pembersihan rutin

Lakukan pembersihan kolam secara rutin. Bersihkan sampah atau dedaunan kering yang berada di sekitar atau di dalam kolam renang. Hal ini harus dilakukan setiap hari. Sampah yang menggenang bisa membusuk dan menyebabkan bakteri tumbuh dengan mudah.

Oleh sebab itu, pembersihan harus dilakukan secara rutin. Pastikan Anda memiliki alat untuk mengambil sampah di air. Hal ini dilakukan agar proses pembersihan dapat dilakukan dengan lebih mudah.

4. Gunakan filtrasi

Filtrasi kolam renang outdoor merupakan hal paling penting. Filtrasi ini berfungsi menyaring air agar bersih sebelum dialirkan kembali. Sebab, bakteri dan kotoran tidak hanya ada pada benda yang terlihat saja.

Untuk memastikan air benar-benar bersih, penggunaan sistem filtrasi sangatlah penting. Dengan adanya sistem ini, air kolam renang akan tetap terjaga kebersihannya. Gunakan sistem filtrasi yang sesuai dengan kondisi kolam renang Anda.

5. Kuras kolam setelah musim hujan

Menguras kolam renang setelah musim hujan adalah hal penting. Air hujan mengandung banyak kotoran dan tercampur dengan air kolam renang. Hal ini bisa menyebabkan penyakit kulit bagi pengguna kolam.

Oleh sebab itu, selalu kuras kolam renang setelah musim hujan berakhir. Tujuannya adalah agar tidak ada air yang tercampur dengan air hujan. Dengan begitu, air kolam akan kembali bersih untuk digunakan.

6. Gunakan kaporit tablet

Kaporit tablet berfungsi untuk menjaga agar pH air tetap stabil. Di dalam kaporit tablet, terdapat kandungan chlorine yang bisa menjaga pH air agar tetap konstan. Penggunaan kaporit jenis ini cocok untuk kolam renang di rumah karena lebih praktis.

pH air yang terjaga akan membuat kolam renang tidak mudah ditumbuhi lumut. Dengan begitu, kondisi air pun akan tetap terjaga kebersihannya. Anda tidak perlu terlalu sering menguras kolam selama lumut tidak tumbuh di permukaan dinding badan kolam.

7. Hilangkan bau anyir dengan soda ash

Jika kolam renang memiliki bau anyir karena tercampur air hujan, salah satu cara menghilangkannya adalah dengan menggunakan soda ash. Campuran ini harus dilakukan dengan takaran yang pas agar air kolam renang tidak berubah menjadi keruh.

Kini Anda sudah mengetahui apa saja kelebihan dan bagaimana langkah tepat untuk maintenance kolam renang outdoor. Ikuti tips di atas agar kolam renang tetap bersih dan selalu aman untuk digunakan kapan saja.

Jika Anda berkeinginan membangun kolam renang outdoor di halaman rumah, kerjasamalah dengan Bintoro Pool untuk mendapatkan layanan terbaik dari ahli pembuatan kolam renang profesional. Segera hubungi Call Center kami di 150130 atau WA ke 0822-1000-6070 untuk berkonsultasi dengan tim kami hari ini!
Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archive
June 2024
M T W T F S S
 12
3456789
10111213141516
17181920212223
24252627282930