Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
Daftar Alat Pembersih Kolam Renang Wajib Punya
Beranda Blog Daftar Alat Pembersih Kolam Renang Wajib Punya
Pembersih Kolam Renang
23 Mar 2024  /  by Web Admin   /   0 Comments

Bagi Anda yang memiliki kolam renang, sangat penting untuk memiliki alat pembersih kolam renang. Hal tersebut sangat penting untuk merawat kolam agar tidak kotor. Karena, kolam yang kotor tentu saja akan berpengaruh terhadap kesehatan tubuh.

Oleh sebab itu, kolam renang harus dirawat dan dibersihkan menggunakan alat yang tepat. Simak beberapa alat yang biasanya digunakan untuk membersihkan kolam.

Daftar Isi

Alat Pembersih Kolam Renang yang Perlu Dimiliki

1. Vacuum Head

Vacuum Head
Image: indiamart.com

Alat yang berfungsi untuk menghilangkah lumut atau alga yang ada di dasar kolam adalah vacuum head atau sikat lantai. Alat ini dapat digunakan untuk menyikat alga atau lumut hingga ke akarnya. 

Terkait bentuk dan ukuran, terdapat beberapa ukuran dan bentuk vacuum head. Namun fungsinya tetap sama. Setiap vacuum head diperlukan vacuum nose atau yang disebut selang agar dapat terhubung dengan vacuum head.

2. Leaf Skimmer

Leaf Skimmer
Image: boswell - freepik.com

Fungsi dari leaf skimmer yaitu untuk menyaring atau mengangkat kotoran minor seperti plastik, serangga, sampah daun dan lain-lain. Kotoran-kotoran minor tersebut bisa tertuju ke skimmer pembersih kolam renang yang menjadi satu dengan sistem sirkulasi dengan mengaplikasikan teknik mekanikal yang tepat. 

3. Telescopic Handle

Telescopic Handle
Image: amazon.ca

Alat yang sering disebut dengan gagang ini memiliki fungsi sebagai stik untuk memegang sikat dinding  yang digunakan untuk menyikat dinding atau lantai kolam renang. Gagang itu juga dapat dihubungkan dengan jaring agar sampah bisa tersaring.

Ketika menggunakan gagang tersebut, Anda tak perlu repot-repot untuk turun langsung ke kolam. Atau Anda tidak perlu menyelam hanya untuk membersihkan hingga ke dasar kolam. Anda pun dapat melakukannya dari pinggir kolam.

4. Wall Brush

Wall brush
Image: walmart.com

Tujuan alat pembersih kolam renang ini adalah untuk membersihkan lantai atau dinding kolam renang. Wall brush atau yang dikenal dengan sikat ini memiliki fungsi yang tak ada bedanya dengan sikat yang biasa ditemukan di pasaran. Menyikat lantai dan dinding kolam renang sangat penting untuk dilakukan agar tetap terjaga kebersihan dan kejernihannya.

5. Pompa Celup

Pompa celup
Image: eezee.co.id

Pompa celup tentu saja memiliki fungsi untuk membersihkan kolam renang karena bekerja sebagai sirkulasi air. Pompa ini memiliki kegunaan untuk menarik air kolam renang untuk dibersihkan di filter lalu dikembalikan lagi. Lalu air tersebut diproses hingga menjadi bersih. Pool skimmer akan menyaring kotoran kecil atau besar. 

6. Test Kit

Test Kit
Image: davidhenry9800 - freepik.com

Untuk dapat memantau air kolam renang kondisinya baik atau tidak, Anda dapat menggunakan test kit. Terdapat alat pengukur, jenis obat kimia dan lain sebagainya di dalam test kit itu. Alat itu dapat diaplikasikan untuk mengetes Ph serta mengetes chlorine air yang terdapat di dalam kolam renang. 

Cara Membersihkan Kolam Renang

Pembersih Kolam Renang
Image: lunopark - freepik.com

Bagi Anda yang belum memahami cara membersihkan kolam renang dengan baik dan benar, berikut ini adalah cara menggunakan alat pembersih kolam renang yang tepat:

1. Menyiapkan Alat Hisap

Jangan khawatir bagi Anda yang tidak terbiasa untuk menggunakan alat hisap karena pada umumnya alat ini sudah dilengkapi dengan buku manual yang perlu dibaca. Pada umumnya, ada cara yang bisa dilakukan untuk memasang kepala alat hisap ke gagang teleskopik. 

Kemudian, turunkan kepala pengisap ke dasar kolam renang. Lalu selang disambungkan ke dalam kolam renang. Anda harus memastikan seluruh udara keluar dari selang sebelum selang dipasang pada pompa. Pompa akan rusak apabila di dalam selang masih ada udara.

Pada umumnya, alat hisap debu dilengkapi oleh manual. Namun ada penyedot debu yang tidak ada manualnya. Bagi Anda yang tidak memahami cara mengaplikasikan pompa hisap, Anda dapat menghubungi  di nomor yang tertera di manual tersebut.

2. Memilih Vakum Kolam

Alat hisap atau vacumm head untuk kolam diaplikasikan untuk membersihkan dinding dan lantai kolam. Terdapat beberapa jenis alat hisap kolam berdasarkan kebutuhan dan  jenis kolam. Ada beberapa ahli yang menyarankan untuk tidak menggunakan mesin pembersih otomatis karena acap kali menyedot beberapa benda keras seperti baru yang bisa membuat sistem filter menjadi rusak.

Mesin pembersih kolam renang otomatis dilengkapi dengan tekanan yang langsung terkoneksi dengan jet pompa yang dilanjutkan ke dalam sistem filtrasi kolam. Kotoran pun dapat dihilangkan dari air yang telah disaring dan meletakkannya ke dalam keranjang sampah.

Tetapi, sistem ini mewajibkan Anda untuk melakukan filter. Mesin pembersih otomatis yang sangat efektif yaitu pembersih robotik. Mesin ini berfungsi mengumpulkan kotoran dengan cara mengelilingi kolam di bagian dasarnya. 

Namun Anda harus merogoh kocek lumayan dalam untuk menerapkan sistem ini. Anda bisa menekan pengeluaran dengan cara menerapkan cangkir hisap manual. Alat ini bisa didapatkan di toko kolam renang terdekat atau via online. Mesin penyedot debu tersebut juga memiliki buku manual untuk dapat memudahkan Anda ketika memasang dan mengaplikasikannya. 

3. Melakukan Vakum Maju Mundur

Pada umumnya, cara ini acap kali digunakan oleh banyak orang yakni menggunakan penyedot debu dengan gerakan maju mundur. Alat yang ada di sekitar kolam bagian dasar lebih baik dipindahkan dan sedot ulang pada kotoran yang sulit untuk diangkat. 

Bagi Anda yang menggunakan pembersih kolam renang otomatis, tak perlu lagi melakukan proses penyedotan sendiri. Yang perlu dilakukan hanyalah mengaplikasikan mesin dan dapat disesuaikan berdasarkan keinginan.

Bahan Kimia untuk Merawat Air Kolam Renang

Pembersih Kolam Renang
Image: sosiukin - freepik.com

Terdapat beberapa bahan kimia yang bisa diterapkan untuk merawat air kolam renang. Tetapi, sangat disarankan untuk membaca label terlebih dulu agar pemakaian dosisnya sesuai petunjuk. 

Terdapat beberapa produk yang ada di pasaran. Meskipun mereknya berbeda namun bahan aktifnya sama, hanya kadarnya saja yang berbeda.

1. Klorin

Bahan kimia yang satu ini memang membuat proses penjernihan air kolam renang menjadi sangat praktis. Fungsi dari klorin yaitu mengikat kotoran di dalam air. Dengan demikian, air pun akan tetap jernih dan bersih. Ada beberapa bentuk klorin yang dijual di pasaran seperti butiran, cair atau tablet. 

Yang berbentuk tablet biasanya menjadi pilihan karena memiliki daya larut yang rendah sehingga bisa tahan lama. Sangat dianjurkan untuk memasukkan klorin ke dalam air kolam ketika sore atau malam hari ketika sinar matahari tidak begitu terik. Menggunakan bahan kimia berkadar klorin tinggi untuk perawatan air kolam renang dibutuhkan seminggu sekali.

2. Cyanuric Acid

Bahan kimia yang satu ini dibutuhkan untuk membuat ph dalam air seimbang agar fungsi klorin bisa bekerja dengan optimal dalam membuat air jernih. Ph air yang disarankan untuk digunakan berkisar mulai dari 7,2 hingga 7,8. Bahan kimia ini pada umumnya sudah terdapat di dalam klorin berbentuk tablet.

3. Algaecide

Bahan kimia ini adalah bahan surfaktan yang memiliki kegunaan untuk menghindari lumut yang ada di kolam renang. Pada umumnya Algaecide ini dimasukkan sehari setelah perawatan air kolam renang. 

Itu adalah beberapa tips soal pembersih kolam renang yang harus diperhatikan untuk dapat menjaga kebersihan dan kejernihan kolam.

Bila Anda memiliki kolam renang namun tidak memiliki waktu dan tenaga untuk membersihkan kolam renang sendiri, ada baiknya menghubungi jasa perawatan dan pemeliharaan kolam renang

Hubungi Call Center Bintoro Pool di 150130 hari ini juga untuk mendapatkan informasi mengenai detail dan tarif layanan!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archive
April 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930