Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
Sand Filter Kolam Renang: Cara Kerja Hingga Penggantian
Beranda Blog Sand Filter Kolam Renang: Cara Kerja Hingga Penggantian
Sand Filter
13 Mar 2024  /  by Web Admin   /   0 Comments

Pemeliharaan kolam renang tidak akan pernah lepas dari penggunaan sand filter. Hal itu dikarenakan barang tersebut merupakan bagian penting untuk perawatan kolam renang. 

Menggunakan barang ini tentulah tidak digunakan secara terus-menerus tanpa diganti. Ada beberapa indikasi yang bisa dijadikan sebagai penanda kapan diharuskan menggantinya. Namun sebelum itu, ketahui terlebih dahulu apa dan bagaimana cara kerjanya.

Daftar Isi

Apa Itu Sand Filter dan Cara Kerjanya

Sand Filter
Image: indiamart.com

Apabila diibaratkan sebagai fungsi organ dalam tubuh manusia, pompa kolam renang merupakan jantungnya, sedangkan filter kolam renang berfungsi sebagai paru-paru. Filter kolam renang berfungsi untuk membersihkan air di dalam kolam.

Penggunaan filter ini bertujuan agar air yang ada di dalam kolam menjadi jernih dan terjaga. Jenis filter yang satu ini memanfaatkan penggunaan pasir sebagai media filtrasinya. Akan tetapi, pasir yang digunakan tidak sembarangan yakni pasir yang memiliki diameter sekitar 0.04 sampai 0.05 mm.

Semakin kecil besaran pasir tersebut akan semakin maksimal filtrasi air didapatkan. Pasir berfungsi sebagai penyaring kotoran-kotoran yang masuk di dalam kolam. Air akan disaring melalui filter dan kemudian dialirkan kembali ke dalam kolam dalam keadaan bersih.

Fungsi dan Kelebihan

1. Menghilangkan Kotoran dan Bakteri

Fungsi sand filter yang pertama jelas adalah untuk filtrasi, yaitu menghilangkan kotoran dan bakteri yang terdapat di dalam air kolam renang. Menggunakan filter, bakteri-bakteri yang ada di dalam air akan dibersihkan sehingga air menjadi lebih jernih dan bersih.

Menggunakan filter, air kolam akan terjaga dari menumpuknya kotoran yang akan menyebabkan kolam menjadi licin dan berwarna keruh. Kotoran-kotoran yang telah difiltrasi kemudian akan dibuang sehingga tidak akan kembali ke dalam kolam.

2. Menghilangkan Bahan Organik Dalam Air

Sistem filtrasi pada filter kolam renang berfungsi untuk menghilangkan bahan-bahan dan zat organik yang ada di dalam kolam seperti keringat, urine, minyak, dll. Media pasir pada filter akan membantu menghilangkan zat-zat tersebut.

Zat-zat seperti itu yang dibawa oleh pengguna akan dihilangkan sehingga mengurangi potensi pertumbuhan mikroorganisme patogen. Bakteri ini dapat memicu risiko infeksi pada pengguna lain.

3. Membantu Mengendalikan Kadar Klorin

Pada dasarnya, penggunaan klorin untuk kolam renang bertujuan menghilangkan mikroorganisme patogen. Akan tetapi apabila penggunaan klorin justru berlebihan malah akan membuat potensi iritasi pada kulit dan mata pengguna kolam renang tersebut.

Media pasir sand filter berguna untuk membantu mengendalikan kadar klorin yang terdapat di dalam kolam. Dengan sistem filtrasi yang tepat, kadar klorin akan terjaga sehingga tidak berlebihan dan aman bagi pengguna kolam renang.

4. Membantu Meningkatkan Sirkulasi Air

Sirkulasi air dalam kolam akan meningkat apabila filter kolam bekerja dengan sempurna. Sebab, filter membantu menangkap kotoran-kotoran yang ada dan mencegahnya untuk masuk kembali ke dalam kolam.

Kotoran-kotoran yang terperangkap di dalam filter akan meningkatkan keseragaman kualitas air. Sehingga, hal itu akan mencegah adanya daerah atau bagian yang memiliki pergerakan lambat dan stagnan.

5. Tahan lama

Media filtrasi menggunakan pasir memiliki daya tahan yang cukup lama dibandingkan dengan yang lain. Penggunaan pasir yang memiliki kualitas yang tinggi dapat menyaring partikel-partikel lebih maksimal.

Selain itu, masa pakai filter pasir ini lebih tahan lama apabila dilakukan perawatan yang baik. Filtrasi pasir juga cukup tahan lama digunakan sebelum pada akhirnya diganti dengan yang baru.

6. Hemat Biaya dan Waktu

Dibandingkan dengan media-media filter lainnya, sand filter hemat biaya dan waktu. Sebab, penggunaan filter dengan media pasir hanya membutuhkan penggantian filter setiap hitungan tahun sekali.

Penggantian filter yang memerlukan penggunaan setelah beberapa tahun sekali akan menghemat biaya pengeluaran dan juga menghemat waktu untuk menggantinya. Sebab, Anda tidak perlu melakukan penggantian tiap bulan dan mesin filter tetap dapat digunakan dengan baik.

Kekurangan

Penggunaan filter pasir selain memiliki kelebihan yang menguntungkan, juga memiliki kekurangan. Beberapa kekurangan yang dimiliki oleh filter ini pada dasarnya tidak terlalu besar dampaknya.

1. Mengonsumsi Air Secara Tinggi

Penggunaan filter pada saat berada di mode backwash yang dilakukan secara berkala dan terus menerus memerlukan penggunaan air yang cukup tinggi. Pada saat proses tersebut, air digunakan untuk membersihkan kotoran-kotoran yang tertangkap melalui media pasir.

Hal ini dapat menjadi salah satu masalah bagi penggunaan filter terutama pada daerah yang memiliki kuantitas air yang cukup rendah. Konsumsi air yang tinggi untuk filter merupakan salah satu kekurangan menggunakan pompa filter pasir.

2. Perawatan dan Juga Pemeliharaan

Salah satu kekurangan lain dari penggunaan sand filter ini adalah perawatan dan juga pemeliharaannya yang membutuhkan effort lebih. Pada saat mesin digunakan untuk backwash dan juga melakukan pergantian media pasir menjadi salah satu bagian dari perawatan.

Apabila tidak dilakukan secara tepat dan konsisten, media pasir pada filter akan terhambat oleh karena terjadinya penyumbatan. Sehingga, diperlukan pengecekan secara berkala agar penyaringan dapat digunakan dengan maksimal.

3. Ukuran dan Ruang

Sistem filter pasir ini membutuhkan ruang dan tempat yang cukup. Hal ini dikarenakan ruang penyimpanan filter harus sesuai dengan ukuran untuk memasukkan tangki pasir dan juga perangkat penyaringan.

Ukuran yang disediakan haruslah sesuai dengan kolam renang. Apabila ukuran tidak sesuai, akan menimbulkan kendala pada saat dilakukan renovasi pada kolam renang. 

4. Biaya yang Dikeluarkan

Biaya yang menjadi kekurangan di sini adalah biaya awal pemasangan dan juga pada saat penggantian media pasir. Biaya awal pemasangan dan juga instalasi filter cukup memakan biaya.

Selain itu, pada saat penggantian media pasir diperlukan biaya tambahan. Akan tetapi, media pasir yang diganti hanya dilakukan dalam beberapa tahun sekali setelah pemakaian.

Kapan Sebaiknya Mengganti Filter Kolam Renang?

Sand Filter
Image: pixabay.com

Filter kolam renang haruslah rutin dilakukan penggantian agar tidak menghambat proses filtrasi. Apabila filter tidak rajin diganti, akan menyebabkan dampak yang dapat terjadi di kemudian hari.

Mengetahui kapan sand filter diganti dapat dilihat melalui beberapa indikasi. Mengetahui indikasi awal merupakan suatu kewajiban bagi pemilik filter agar dapat diketahui kapan filter harus diganti:

1. Media Pasir Mulai Menggumpal

Media pasir dalam filter berfungsi untuk menyaring kotoran yang ada di dalam kolam renang. Kotoran yang terus-menerus masuk dan terperangkap di dalam penyaringan ini lama-kelamaan akan bertambah jumlahnya.

Salah satu indikasi awal yang menjadi tanda kapan harus mengganti filter yakni apabila media pasir dalam penyaringan mulai menggumpal oleh karena kotoran yang berada di dalamnya. Jika air dalam filter tidak mengalir, maka  kotoran-kotoran yang berada di dalam tabung tersebut akan mengendap dan kemudian mengeras.

2. Media Pasir Sudah Lama Digunakan

Media pasir yang digunakan secara terus menerus dalam waktu yang lama akan membuat pasir di dalam tabung mengalami pengikisan. Hal ini akan membuat butiran-butiran pasir menjadi terlalu kecil.

Hal ini akan membuat pasir-pasir tersebut lolos dari penyaringan karena memiliki ukuran yang lebih kecil dari lubang lateral. Apabila tidak diganti, maka pasir-pasir tersebut justru akan masuk ke dalam kolam renang. Di saat inilah, artinya Anda sudah harus mengganti filter yang digunakan.

Itulah beberapa indikasi kapan sekiranya sand filter harus diganti dengan yang baru yakni ketika pasir sudah menggumpal dan sudah digunakan terlalu lama. Filter akan bertahan lama apabila perawatan dilakukan dengan tepat dan rutin. Ada banyak kelebihan yang bisa didapatkan apabila menggunakan filter pasir dibandingkan dengan filter yang lain.

Jika Anda ingin kolam renang tetap bersih dan fungsinya optimal tetapi tidak tahu cara perawatan yang tepat, hubungi Bintoro Pool untuk menikmati  jasa perawatan kolam renang. Hubungi kami sekarang juga melalui Call Center 150130 untuk mulai konsultasi GRATIS!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archive
April 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930