Graha Bintoro Corp, Casamora Square, Jl. Sirsak, Jagakarsa Jakarta Selatan 12630
Layanan 7 hari 24 jam
Breadcrumb Image
Bagaimana Cara Mengoperasikan Filter Kolam Renang yang Benar?
Beranda Blog Bagaimana Cara Mengoperasikan Filter Kolam Renang yang Benar?
Filter Kolam Renang
09 Mar 2024  /  by Web Admin   /   0 Comments

Filter kolam renang memiliki fungsi untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang masuk ke dalam kolam. Selain itu, filter ini juga berguna untuk membuat air kolam menjadi jernih. 

Penggunaan filter kolam sangatlah mudah sebab, barang ini sudah didesain secara otomatis. Akan tetapi, ada beberapa catatan sebelum mengoperasikan benda ini. Sebelum itu, kenali terlebih dahulu bagian-bagian dalam filter.

Daftar Isi

Apa Saja Bagian-Bagian Filter Kolam Renang

Filter Kolam Renang
Image: pixabay.com

1. Handle Control

Handle control berfungsi untuk membersihkan filter dan juga membuang air kolam. Untuk membersihkan dan menguras air kolam, Anda bisa menggunakan pompa dengan mengatur katup pada mode waste atau mode pembuangan. 

2. Glass Control

Pada bagian multipotnya terdapat salah satu bagian yaitu glass control. Bagian ini berfungsi sebagai penentu lamanya proses pembersihan filter kolam renang. Pada saat filter berada di mode backwash, air yang kotor pada dalam tabung akan melalui bagian glass control. 

Hal ini sebagai penanda, sehingga Anda bisa memperkirakan kapan kiranya mode backwash ini telah selesai.

3. Lateral

Bagian selanjutnya adalah lateral atau juga slot yang memiliki bentuk tabung dengan bagian lubang yang bergaris kecil di sekeliling bagiannya. Bagian ini memiliki fungsi untuk menahan pasir penyaringan agar tidak keluar dan masuk ke dalam kolam. 

Selain itu, bagian ini juga berfungsi untuk saluran air bersih kembali ke kolam setelah sebelumnya dilakukan filtrasi. Ada indikasi apabila bagian ini rusak, yaitu apabila inlet fitting mengeluarkan pasir.

4. Pressure Gauge

Terdapat bagian lain dari filter kolam renang pada multi pot yakni berada di bagian samping. Bagian ini berfungsi sebagai penunjuk besarnya tekanan aliran air di dalam filter. Dalam keadaan yang stabil, batas tekanan aliran air dalam filter tidak boleh melebihi 30psi.

Dari sini Anda perlu mencatat angka tekanan air pada saat terakhir membilas filter. Sebab, hal ini akan membantu Anda untuk dapat mengetahui kapan perlu dilakukan pencucian filter selanjutnya.

Apabila angka terakhir menunjukkan berada lebih besar daripada sebelumnya, maka diperlukan pencucian kembali. Apabila angka menurun, maka ini bisa saja menjadi indikasi bahwa terdapat kotoran di dalam saringan mesin. Maka Anda perlu membersihkannya.

5. Underdrain

Underdrain filter kolam renang merupakan bagian terakhir yang berfungsi sebagai alat pembuangan. Alat ini bekerja dengan membuat air yang berada di dalam filter pada saat akan mengganti silica.

Cara Mengoperasikan Filter Kolam Menggunakan Filter Handle

Filter Kolam Renang
Image: made-in-china.com

Cara untuk mengoperasikan filter menggunakan filter handle dapat dilakukan dengan 6 mode yang tercantum. Keenam mode tersebut memiliki fungsi yang berbeda-beda yaitu:

1. Mode Filter

Mode ini digunakan dalam keadaan normal yang berfungsi untuk melakukan filter air dalam kolam. Pada saat mode ini, air disaring melalui sand filter yang kemudian dimasukkan kembali ke dalam kolam. Mode ini biasanya digunakan pada sirkulasi dan juga vaccum pada saat kolam berada di keadaan normal.

2. Mode Backwash

Mode ini digunakan pada saat setelah digunakan untuk memfilter air. Mode ini juga berfungsi untuk mencuci filter setelah vaccum selesai. Melalui mode ini, filter dicuci dengan bersih untuk menghilangkan hasil penyaringan air. 

3. Mode Rinse

Mode ini digunakan untuk membilas filter yang telah digunakan. Setelah mode backwash telah selesai, selanjutnya handle diputar ke mode rinse untuk membilas proses pencucian. Apabila filter bersih, maka air yang disaring dalam kolam akan bersih pula.

4. Mode Close

Mode close filter kolam renang berfungsi untuk menutup seluruh jalur saluran pipa. Mode ini digunakan apabila dilakukan perbaikan pipa pada ruang mesin. Mode ini bertujuan agar air yang berada di dalam filter tidak keluar. Mode close diperlukan untuk mencegah air tumpah pada pipa sehingga menghambat perbaikan.

5. Mode Recirculate

Mode ini digunakan pada saat posisi air sedang dalam penambahan obat pada masa treatment awal. Biasanya air hanya akan berputar di dalam pipa tanpa terjadi filtrasi. Biasanya mode ini dilakukan pada saat kolam baru diisi air dan akan dilakukan tahap penjernihan.

6. Mode Waste

Mode waste digunakan pada saat proses pembuangan atau juga pada saat banyak kotoran yang mengendap di dalam kolam. Mode waste juga digunakan pada saat kolam renang akan dikosongkan dengan melakukan pembuangan air. Mode ini biasanya dilakukan pada treatment pertama dengan membuang endapan kotoran.

Langkah-langkah Mencuci Filter Kolam Dengan Benar

Filter Kolam Renang
Image: housedigest.com

Selain menjaga perawatan terhadap filter kolam renang, pencucian filter juga diperlukan. Terdapat langkah-langkah yang harus dilakukan pada saat mencuci filter. Beberapa langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

1. Mematikan Pompa Kolam

Hal pertama yang harus diperhatikan pada saat akan mencuci filter adalah memastikan mesin filter dalam keadaan off. Memindahkan handle filter pada saat mesin dalam keadaan hidup dapat menyebabkan seal handle rusak. Pasir justru akan masuk dan mengakibatkan handle control menjadi keras saat diputar.

Mematikan mesin filter sebelum dipindahkan mode terlebih dahulu akan menjaga kualitas bagian lateral. Anda juga perlu memperhatikan bagian pipa pembuangan. Apabila saluran masih terpasang ball valve maka bukalah terlebih dahulu.

2. Membersihkan Saringan Pompa

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan adalah kebersihan saringan pompa. Sebelum itu, tutup dahulu seluruh valve kolam renang pada saat sebelum membuka saringan. Bersihkan kotoran yang  berada di dalam saringan tersebut menggunakan kran air yang mengalir. 

Cek juga bagian kipas pompa apakah terdapat kotoran yang menghambat perputaran kipas ataukah tidak. Kemudian, tutup kembali dan juga pastikan seal stainer berada pada posisi yang tepat. Sebab, apabila seal tidak berada di posisi yang tepat akan memicu adanya kebocoran mesin. Setelah itu, buka kembali valve yang tertutup.

3. Ganti Handle Control Ke Mode Backwash

Langkah selanjutnya setelah melakukan pembersihan adalah memutar handle control ke dalam mode backwash. Setelah itu, nyalakan kembali mesin dan perhatian glass control. Glass control berada pada bagian multiport. 

Tunggu sampai keadaan glass control hingga air menjadi jernih. Setelah dirasa air sudah bersih dan jernih kemudian matikan kembali mesin. Untuk tipe kolam renang yang over flow, apabila tidak ingin ada berkurangnya air bersih, pencucian bisa dilakukan dengan saluran balancing tank.

4. Ganti Ke Mode Rinse

Langkah keempat setelah melakukan backwash adalah mengganti handle ke dalam mode rinse. Akan tetapi, sebelum itu pastikan kembali bahwa mesin filter dalam keadaan mati atau off. 

Putar handle menjadi mode rinse dan perhatian glass control. Apabila air yang ditampilkan sudah jernih matikan kembali mesin filter. Setelah itu, kembali handle ke mode filter dengan cara menekan terlebih dahulu.

Sebelum menyalakan mesin, tutup valve kembali pada saluran pembuangan terlebih dahulu. Pastikan juga tidak ada kebocoran pada seal saringan strainer.

5. Memastikan Valve Inlet Fitting Berada di Posisi Terbuka

Langkah terakhir membersihkan filter kolam renang setelah melalui seluruh tahapan tersebut adalah membuka valve inlet sebelum mesin dinyalakan. Apabila kolam Anda merupakan tipe over flow, maka tutup saluran vaccum pada kolam renang.

Saluran ini tidak memiliki cover pelindung sehingga akan sangat berbahaya apabila anak-anak menyentuhnya. Anda dapat mengakali dengan memasang tangga khusus ruang mesin yang berbahan stainless untuk memudahkan akses masuk ke dalamnya. Ini juga mencegah pipa menjadi pijakan yang menyebabkan patah dan rusak. 

Itulah cara-cara yang bisa dilakukan untuk mengoperasikan filter kolam renang dan bagaimana cara membersihkannya. Filter merupakan alat yang penting untuk menjaga kebersihan kolam. Selain itu, penggunaan alat ini akan memudahkan Anda untuk menjaga kejernihan air kolam renang. 

Namun, apabila Anda terlalu sibuk atau tidak sempat untuk membersihkan filter kolam dan butuh bantuan dalam perawatan kolam renang, hubungi saja Bintoro Pool agar cepat beres!

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Archive
April 2024
M T W T F S S
1234567
891011121314
15161718192021
22232425262728
2930